Bangun Karakter dengan Permainan Truth or Dare


(sumber : icebreakerideas.com )

(sumber : icebreakerideas.com )

Permainan truth or dare (ToD) merupakan permainan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Permainan yang berasal dari budaya barat ini sudah banyak dimainkan oleh kalangan remaja bahkan dewasa di Indonesia. Pemain yang membentuk lingkaran dengan sebuah benda berputar ditengah-tengah pemain (biasanya berupa botol) sebagai acuan. Jika salah satu ujung dari botol mengarah pada salah satu pemain, maka pemain tersebut harus memilih salah satu dari dua kata judul permainan ini. Truth yang berarti jujur, pemain yang memilih kata ini harus menjawab pertanyaan dari pemain lain sesuai dengan keadaan sesungguhnya atau tidak dibuat-buat. Sedangkan dare yang berarti tantangan, pemain harus melakukansuatu hal yang menantang dari pemain lain sekalipun itu hal yang sangat memalukan. Hal tersebut menjadikan truth or darememiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan permainan lain.

Tidak ada batasan umur bagi pemain Truth or dare, dari anak kecil atau setara dengan siswa sekolah dasar hingga dewasa dapat memainkan permainan inidantidakadabatasanjumlah pemain. “Seru banget, dari SMP hingga SMA saya sering melakukan permainan ini, sekarang sudah jarang.Pemain minimal tiga atau empat orang, kalau dua itu terlalu sepi”, ungkap Dea Rahma, Mahasiswi Jurusan Teknik Kimia yang mengaku masih memainkan permainan ini.Selain menyenangkan, truth or dare dapat membuat suasana pertemanan menjadi semakin akrab dengan pengalaman yang tidak terlupakan mengetahui rahasia teman atau melihatnya melakukan hal nyeleneh untuk memenuhi tantangan yang telah diberikan. Tidak hanya itu, truth or dare juga dapat membentuk dan mengetahui suatu karakter yang  dimiliki seseorang.

Permainan Truth or Dare, dimainkan menggunakan botol yang berada ditengah-tengah pemain sebagai acuan dengan jumlah pemain yang tidak dibatasi. (sumber : andi-techno.blogspot.com )

Permainan Truth or Dare, dimainkan menggunakan botol yang berada ditengah-tengah pemain sebagai acuan dengan jumlah pemain yang tidak dibatasi. (sumber : andi-techno.blogspot.com )

Terdapat dua karakter yang dapat dibentuk dari permainan truth or dare dan mungkin dibutuhkan dalam dunia kerja. Sebelum melakukan permainan ini harus dilakukan adanya sebuah perjanjian atau kesepakatan untuk seluruh pemain agar tidak membeberkan rahasia pemain yang memilih kata truth kepada orang lain. Selain kejujuran, peraturan ini mengajarkan kita menjadi orang yang dapat dipercaya untuk menjaga sebuah rahasia. Jika kita tidak bisa menjaga rahasia tersebut maka orang lain akan menganggap kita sebagai orang yang tidak dapat dipercaya. Karakter ini sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan terutama dalam hal menjaga rahasia perusahaan. Selain itu dalam menerima tantangan kita dituntut untuk lebih berani dalam mencoba hal-hal baru yang menantang. Hal ini juga dibutuhkan dalam dunia pekerjaan terutama bagi wirausaha yang memulai usahanya. Dengan demikian, secara tidak langsung truth or dare mengajarkan kita bagaimana cara untuk menjadi pegawaiyang loyal kepada perusahaannya atau sebagai wirausaha yang memulai usahatanpa ragu dan takut untuk gagal. (Dian Ayu)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s