Jalur Mandiri, Jalur Terakhir Masuk Polinema


Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri merupakan pola penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis, salah satunya dilakukan oleh Politeknik Negeri Malang (Polinema). Pendaftaran jalur ini dibuka sejak tanggal  20 Juni – 29 Juli 2016 sedangkan pelaksanaan ujiannya dilakukan pada hari Sabtu, 30 Juli 2016. Ujian jalur ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama untuk bidang Rekayasa pada pukul 08.30 – 11.00 WIB. Sedangkan sesi kedua untuk bidang Tata Niaga pada pukul 13.00 – 15.30 WIB.

1

Dr.Ir.Tundung Subali Patma, MT. sedang memantau jalannya tes Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri Polinema di Gedung Teknik Sipil.

Pelaksanan ujian dilakukan di beberapa gedung perkuliahan Polinema seperti gedung AD, AB, AE, AG, Teknik Sipil lantai 2, 3, 5, dan 6. Terdapat sebanyak 111 ruangan yang digunakan pada pelaksanaan bidang Rekayasa sedangkan Tata Niaga hanya menggunakan 54 ruangan. Dimana  satu ruangan berisi 20 peserta, dengan 1 dosen pengawas dari Polinema yang berbeda di setiap sesinya. Materi yang diujikan meliputi matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, fisika, kimia untuk bidang Rekayasa. Sedangkan untuk Tata Niaga meliputi matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, ekonomi, akuntansi.

“Batas keterlambatan kedatangan ketika ujian berlangsung hanya sampai lima belas menit, apabila lebih dari  itu akan diintrogasi terlebih dahulu oleh pengawas ruangan kemudian dilaporkan pada koordinator pengawas dan juga koordinator lokasi,” Jelas Pak Siswoko selaku ketua seksi pelaksana dan pengawas ujian. Beliau juga menjelaskan bahwa lebih dari 4000 calon mahasiswa baru yang mendaftar sedangkan yang mengikuti Ujian masuk sebanyak 2203 peserta untuk bidang rekayasa dan 1065 untuk bidang tata niaga. Dari jumlah peserta yang mengikuti tes tersebut, hanya 900 peserta yang akan diterima dan menjadi mahasiswa Polinema dengan rincian sebanyak 30% dari kuota yang disediakan oleh masing – masing jurusan. Selebihnya, Pak Siswoko menjelaskan bahwa kendala selama ujian berlangsung yaitu terdapat beberapa peserta yang belum mencetak kartu ujian. Akan hal tersebut dapat diatasi dengan menyediakan tempat untuk mencetak kartu ujian di sebelah gedung AW, Polinema.

2

Suasana Tes Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri Polinema, sabtu (30/07).

“Soal yang diujikan cukup rumit, sebab sebelumnya hanya belajar mengerjakan soal-soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), tetapi saya tetap optimis karena motivasi dan dukungan dari orang tua,” ujar Salehudin Ilyas, salah satu peserta ujian bidang Rekayasa dari Pasuruan. Salehudin menambahkan bahwa dia mengambil Jurusan Teknik Mesin karena prospek kerjanya cukup luas. Hal serupa juga diungkapkan oleh Jauharul Muttakim peserta dari Blitar bahwa, peluang Jurusan Akuntansi cukup besar kerena banyak perusahaan yang membutuhkannya. Selain itu ketika berada di Sekolah Menengah Atas (SMA) Jauharul merupakan siswa dari kelas Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sehingga tidak dapat mengambil jurusan teknik. “Perasaan saya sebelum tes biasa saja karena sudah belajar sebelumnya, persiapannya belajar pun secara otodidak karena tidak terlalu berminat mengikuti bimbingan belajar,” imbuh Jauharul.

Berbagai kesan dan harapanpun  juga disampaikan oleh beberapa peserta selama ujian ini berlangsung, salah satunya diungkapkan oleh Jauharul, “Semoga saja saya bisa diterima di Polinema dan dapat menuntut ilmu dengan baik”. Erina Rohma Niluh, peserta asal Bululawang  juga berharap demikian, menurutnya dengan melihat peserta yang lain, dia optimis bisa masuk di Polinema. Siswoko selaku Ketua Seksi Pelaksana berharap agar pelaksanaan ujian selanjutnya lebih tertib dan bagi peserta jangan sampai lupa membawa kartu ujian. (Faralina, Livia, Ma’rifatul)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s