DDM HMTI, Ajang Aspirasi Mahasiswa TI


Politeknik Negeri Malang (Polinema) merupakan sebuah institusi yang memberikan pendidikan vokasi untuk mahasiswanya. Dimanapun mahasiswa menempuh pendidikan, mereka memiliki kesempatan untuk menyuarakan aspirasinya. Hal tersebut diwujudkan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi (HMTI) yang mengadakan Dialog Dosen Mahasiswa (DDM) di Aula Pertamina, Polinema. Kegiatan ini merupakan sebuah tempat dimana mahasiswa dapat menyalurkan aspirasi maupun pendapatnya mengenai Jurusan TI di Polinema. DDM tahun ini mengangkat tema “Tingkatkan  Komunikasi dan Sampaikan Aspirasi untuk Tercapainya Solusi”, yang dihadiri oleh ketua jurusan beserta jajarannya, beberapa dosen dan lima perwakilan mahasiswa dari setiap kelas di Jurusan TI.

gambar 1

Pembacaan hasil angket Jurusan Teknologi Informasi oleh Sugiono dalam kegiatan Dialog Dosen Mahasiswa di Aula Pertamina Polinema.

Terdapat beberapa bahasan yang diangkat pada DDM kali ini, yang pertama diungkapkan oleh Satrio Yuda, dari Program Studi D4 Teknik Informatika mengenai Studi Ekskursi. Satrio menjelaskan bahwa Studi Ekskursi yang dilakukan kebanyakan tidak berhubungan dengan jurusan itu sendiri. Pak Ridwan selaku Dosen Pembimbing Akademik mengatakan bahwa, dari target 200 peserta, kebanyakan perusahaan yang berbasis Informatics Technology (IT) belum dapat menampung mahasiswa sebanyak itu. Dan beberapa pertimbangan lainnya, seperti lokasi yang sulit untuk dijangkau sehingga dalam pemilihan tempat Studi Ekskursi bagi mahasiswanya, cenderung banyak yang tidak sesuai dengan jurusannya.

Kedua, dari yang terjadi di lapangan khususnya di Laboratorium Praktikum, mahasiswa cenderung menggunakan laptop sendiri daripada harus menggunakan komputer yang tersedia. Hal ini disebabkan karena spesifikasi komputer tidak sesuai dengan kebutuhan, sehingga pihak jurusan akan membuat catatan mengenai mata kuliah yang memerlukan spesifikasi komputer tertentu. Dan menyesuaikan kebutuhan mata kuliah yang sedang berlangsung dengan laboratoriumnya, sehingga proses praktikum dapat berjalan maksimal. Ketiga, mengenai kontrak kuliah yang disepakati sebelum proses belajar mengajar diawal semester, banyak dosen sering ini melanggarnya di akhir semester. Dalam penanganannya terhadap masalah ini, diperlukan sebuah activity control mengenai kontrak kuliah antara dosen dan mahasiswa.

gambar 2

Pembukaan sesi tanya jawab oleh DRS. Siti Romlah selaku Dosen Teknologi Informasi dalam kegiatan DDM HMTI, Selasa (24/05).

Keempat, kejelasan mengenai Kartu Hasil Study (KHS) semester satu dan dua. Bahwa KHS Semester 1 dan 2 prosesnya harus menyerahkan nilai konversi yang dilakukan oleh Kepala Program Studi sebagai akhir pengolahan KHS. Selain itu, membutuhkan waktu dan pemilihan mata kuliah yang diakui dalam jurusan. Kelima, fasilitas umum yang digunakan untuk mengerjakan tugas dirasa kurang, seperti halnya taman yang disamping gedung AF. Maka dosen TI memiliki wacana untuk mempaving dan membuat sebuah tenda yang dapat digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Selain itu, Wifi yang khususnya berada di Jurusan TI ini sering bermasalah. Maka rencana kedepannya adalah membuat ruangan yang tersedia Wireless Fidelity (Wifi) selama 24 jam. Apabila hal tersebut telah terlaksana, diharapkan mahasiswa dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya. Dan yang terakhir, mengenai Sistem Akademik (SIAKAD) Polinema yang baru dibuat pada tahun 2015 belum berjalan dengan baik.

Namun, menurut Debys Suryani selaku Dosen TI, mengatakan bahwa mahasiswa belum memberikan masukan secara detail. Sebagai contoh bahasan mengenai fasilitas, mahasiswa tidak menyebutkan fasilitas mana yang dirasa mahasiswa kurang. Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa DDM yang digunakan sebagai jembatan antara mahasiswa kepada dosen agar aspirasinya tersalurkan hanya berjalan secara dua arah, yaitu mahasiswa bertanya dan dosen menjawab. “Tidak hanya bertanya, mahasiswa lain juga bisa memberikan pendapatnya dari pertanyaan mahasiswa lain. Dalam kegiatan ini, selain memberikan pertanyaan akan lebih baik jika mahasiswa memberikan sebuah solusinya,” pesan Ridwan Rismanto S.ST selaku dosen TI. (Rifky Prayanta, Nisa C, Livia D)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s