Setetes Darah Untuk Sesama


1

Petugas PMI Kota Malang sedang melakukan pengecekan kesehatan terhadap salah satu dosen Polinema yang mengikuti kegiatan Donor Darah 2.

Kesehatan adalah suatu hal yang vital pada diri setiap manusia. Berapa pun usia seseorang pasti mendambakan kesehatan jasmani maupun rohani. Akan tetapi kesehatan tersebut akan mempunyai nilai guna yang tinggi apabila setiap individu bisa berbagi kepada sesamanya. Kegiatan berbagi dengan sesama tidak selalu dalam wujud uang maupun materi, akan tetapi bisa diaplikasikan dalam bentuk donor darah. Kegiatan donor darah memang sering dilakukan oleh berbagai institusi, organisasi ataupun lembaga. Salah satunya yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bhakti Karya Mahasiswa (BKM) Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang mengadakan Kegiatan Donor Darah 2 di Aula Pertamina Polinema.

Alasan kegiatan ini dinamakan Donor Darah 2 karena sebelumnya telah diadakan donor darah yang pertama pada akhir bulan Maret. Donor darah ini diselenggarakan selama dua hari yaitu 2 – 3 Juni 2016 pada pukul 09.00 – 14.00 WIB. Selain untuk membantu kepada sesama tanpa harus mengeluarkan materi ataupun uang, kegiatan yang bertema “Donor Darah Langkah Awal Selamatkan Sesama” ini juga bertujuan untuk memperkenalkan UKM BKM ke luar Polinema khususnya ke warga Rukun Warga (RW) III Kelurahan Jatimulyo yang terletak di belakang kampus Polinema.

Terdapat syarat dan kriteria yang harus dipenuhi oleh calon pendonor untuk mengikuti kegiatan tersebut, yaitu kondisi kesehatan yang baik, usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun, berat badan minimal 50 kilogram. Sedangkan untuk wanita, tidak boleh dalam keadaan hamil, menyusui dan sedang haid, sudah sarapan minimal tiga jam sebelum donor, tidak sedang mengkonsumsi obat atau jamu tiga hari terakhir kecuali vitamin, dan tidur minimal lima jam sebelum donor. “Saya mengikuti donor darah karena mendengar dari cerita orang di sekitar saya, yang mengatakan dengan donor darah tubuh akan lebih sehat. Selain itu, saya juga ingin beramal untuk orang yang membutuhkan darah.” jelas Ratna, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil.

2

Transfusi darah yang dilakukan oleh Petugas PMI dalam kegiatan Donor Darah 2 di Aula Pertamina Polinema, Jum’at (03/06).

Kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan PMI pusat kota Malang dimana tugas PMI tersebut meliputi pengecekan kesehatan dari pendonor, pelaksanaan transfusi darah, dan pemberian konsumsi (satu paket  konsumsi pada hari pertama berupa roti, air mineral gelas, susu, dan obat penambah darah, sedangkan untuk hari kedua konsumsi berupa roti, gabin atau biskuit, air mineral gelas, susu dan obat penambah darah). Ibu Eiga, salah satu petugas PMI Kota Malang menjelaskan tes kesehatan terdiri dari pengukuran berat badan, golongan darah, tensi, dan kadar hemoglobin. “Sistem kerja sama ini juga membawa keuntungan bagi pihak UKM BKM, diantara yaitu PMI bisa datang kapan saja sesuai dengan jadwal yang telah dibuat, peralatan yang dimiliki oleh PMI memadai, jadi pihak panitia tidak repot menyediakan sendiri dan cara publikasi kepada pihak PMI sangat mudah hanya dengan via telepon saja.” Ujar Naysa selaku Ketua Pelaksana kegiatan Donor Darah 2.

Jumlah calon pendonor yang datang untuk hari pertama sebanyak 78 kantong dengan 69 donor tunda dan pada hari kedua mendapatkan 79 kantong dengan 55 donor tunda. Akan tetapi tidak semua calon pendonor bisa melakukan transfusi darah yang sering disebut donor tunda. Penyebab adalah jumlah hemoglobin yang terlalu tinggi, tensi darah yang terlalu rendah, jarak untuk mendonor yang terlalu dekat. Karena biasanya, waktu untuk mendonor harus berselang kurang lebih dua setengah sampai tiga bulan setelah donor yang pertama.

Ratna Nastiti, salah satu pendonor darah mengatakan bahwa kegiatan ini terlalu dekat dengan Donor Darah 1 yang sudah terlaksana pada, sebaiknya ditepatkan saja jaraknya tiga bulan sehingga warga Polinema banyak yang mendonor dan juga memenuhi target yang telah ditetapkan panitia. “Pihak PMI orangnya ramah-ramah dan juga pelayanannya cepat dan tempatnya juga nyaman.” Imbuh Ratna. Naysa selaku ketua pelaksana dalam kegiatan ini berharap semoga antusias dari warga Polinema dan utamanya dari warga RW 3 kelurahan Jatimulyo lebih banyak lagi, selain itu untuk para pendonornya lebih memperhatikan syarat dan ketentuan yang sudah ada. (Ma’rifatul, Nisa C, Sabrina)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s