Pembagian Almamater, Pelayanan Awal Mahasiswa Baru Polinema


gambar1

Salah satu mahasiswa baru Jurusan Akuntansi sedang mengisi absensi pengambilan jas almamater di gedung Graha Polinema.

Rabu (20/07), merupakan hari kedua berlangsungnya kegiatan pendistribusian jas almamater untuk mahasiswa baru (maba) dari seluruh jurusan di Politeknik Negeri Malang (Polinema) dan pengukuran seragam khusus Jurusan Tata Niaga (Akuntansi dan Administrasi Niaga). Pendistribusian dilakukan untuk mahasiswa baru yang masuk melalui jalur Bidikmisi dan Penelusuran Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri (PMDK-PN) se–Indonesia. Pembagian perlengkapan maba kali ini dibagi menjadi dua tahap yaitu jas almamater untuk tahap I dan seragam serta jas laboratorium untuk semua Jurusan Teknik yang meliputi Informatika, Elektro, Kimia, dan Sipil untuk tahap II. Terdapat tiga gelombang pada setiap tahap dalam kegiatan ini yang didasarkan pada jalur masuk maba antara lain Jalur Bidikmisi dan PMDK–PN (Gelombang I), Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) (Gelombang II), dan Kemitraan serta Mandiri (Gelombang III). Setiap gelombang diberi waktu selama empat hari dan gelombang untuk jalur PMDK–PN dimulai sejak tanggal 19 – 22 Juli 2016. Kegiatan distribusi ini dimulai sejak pukul 08.00 – 15.30 WIB yang bertempat di Graha Polinema.

Heri Suwantoro, selaku Kepala Urusan (Kaur) Persediaan bagian Perlengkapan yang juga menjadi Ketua Pelaksana dalam kegiatan ini mengatakan, “Pembagian almamater dan pengukuran seragam dilakukan setelah mahasiswa melakukan daftar ulang dan sifatnya boleh diwakilkan selama terdapat bukti dan blangko pembayaran”. Heri juga menjelaskan bahwa salah satu alasan mengapa setiap gelombang hanya diberi waktu empat hari adalah untuk memacu mahasiswa agar lebih tepat waktu dan disiplin dalam mengikuti jadwal yang diberikan. Hal ini terbukti dari ungkapan salah satu maba Polinema, Hanna F., dari Jurusan Jaringan Telekomunikasi dan Digital (JTD) yang mengatakan, “Jadwal pembagian almamater diinformasikan melalui website Polinema sehingga saya dan teman – teman langsung berangkat ke Malang”.

gambar2

Mahasiswa baru Jurusan Akuntansi dan Administrasi Niaga sedang melakukan pengukuran seragam kuliah yang dilakukan oleh panitia

Memang tidak terdapat hambatan dan masalah yang berarti dalam kegiatan distribusi almamater dan pengukuran seragam ini, seperti yang dikatakan oleh Pak Heri, “Namun pihak kampus tetap melakukan tindakan antisipasi dengan cara pembagian tiga gelombang. Agar mahasiswa tidak menumpuk dikarenakan adanya data maba yang masih belum lengkap”. Bahkan, sebenarnya Kaur Persediaan juga sudah berencana untuk bekerja sama dengan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk menyediakan kelengkapan seperti almamater dan jas laboratorium. Sehingga mampu membantu mahasiswa jika seandainya terjadi kerusakan atau kehilangan. Namun sayangnya rencana ini belum dapat direalisasikan karena masih terhambat keterbatasan waktu dan tidak adanya respon dari UKM yang bersangkutan.

Terdapat beberapa perbaikan dan inovasi yang dilakukan tahun ini oleh Kaur Persediaan, salah satunya mengenai ukuran dan kualitas jas almamater. Hal itu pemilihan kain serta cara penjahitannya mengingat pemakaian almamater untuk jangka waktu yang cukup lama. Pada tahun sebelumnya, banyak mahasiswa mendapatkan jas yang kurang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Maka, tahun ini pihak perlengkapan berusaha untuk lebih menyesuaikan ukuran jas dengan kebutuhan mahasiswa.

Terlepas dari itu semua, salah satu hal yang tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan adalah kualitas pelayanan terhadap maba. Seperti yang diungkapkan oleh Hanna, maba dari Jurusan JTD bahwa semua petugas bergerak cepat dan tepat serta ramah. Sejak saya melakukan daftar ulang dan mengurusi keperluan kampus lainnya. “Semoga nantinya kualitas pelayanan panitia ini tidak menurun dan jas almamater ini dapat saya gunakan dengan baik,” imbuh Hanna. (Syanne, Anam, Mursyid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s