Berbagi Ilmu dalam Sosial Ramadhan


1

Penampilan Shalawatan dari TPQ Jabbal Nur yang ikut memeriahkan acara Sosial Ramadhan, Minggu (19/06).

Minggu (19/06), Unit Kegiatan Mahasiswa Bakti Karya Mahasiswa (UKM BKM) Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan kegiatan Sosial Ramadhan yang bertempat di SDN 02 Kucur Kecamatan Dau, Malang. Kegiatan yang berlangsung pada pukul 15.30 – 19.00 WIB ini mengangkat tema “Semangat Meraih Ragam Kebaikan Di Bulan Ramadan”. Acara ini dihadiri oleh 128 orang dari SDN 02 Kucur Dau, Kepala Desa Kucur, Ketua Yayasan Shohwatul Ummah, Alumni UKM BKM serta perwakilan dari setiap Organisasi Kemahasiswaan Intra (OKI) Polinema.

Acara ini berlangsung selama dua hari, dimana rangkaian acara pada hari pertama yaitu kegiatan pembelajaran tentang akhlak yang baik terhadap orang tua, sikap-sikap yang dilakukan saat bulan puasa, membaca doa sehari – hari, serta kegiatan membagi takjil. Sedangkan acara hari kedua yaitu sambutan, pembacaan Tilawatil Quran, penampilan Shalawat dari TPQ Jabal Nur, penyerahan bingkisan dan vandel, penyampaian Tausiah oleh Ustad Dion, buka bersama serta penutupan. Materi yang diangkat dalam Tausiah ini yaitu “Indahnya Ramadan Indahnya Berbagi” yang membahas tentang bagaimana cara mensyukuri nikmat Allah SWT, belajar berbagi melalui sebuah ke-ikhlasan, serta pentingnya sebuah ilmu. “Acara berjalan lancar walaupun terdapat kendala seperti lokasi yang jauh membuat panitia harus sering bolak – balik untuk mempersiapkan acara, selain itu pada waktu malam kurangnya lampu penerangan jalan menuju lokasi membuat panitia harus lebih extra hati –hati,” Ujar Devia selaku Ketua Pelaksana.

2

Penyampaian Tausiah oleh Ustad Dion dari Sukun dalam acara Sosial Ramadhan di SDN 02 Kucur Kecamatan Dau, Malang.

“Acaranya sangat bermanfaat terutama untuk anak anak yang ada di sini, kita bisa berbagi ilmu yang bermanfaat,” komentar Lisa, salah satu perwakilan UKM Pendidikan dan Penalaran (PP) dari Jurusan Akuntansi. Muhammad Saji selaku Ketua Yayasan Shohwatul Ummah berharap bahwa semoga ada tindak lanjut dari teman-teman UKM untuk ikut berpartisipasi di program yayasan terutama dalam pembinaan anak anak TPQ dan memberikan bimbingan belajar di bidang pengetahuan. Ustad Dion selaku pemberi Tausiah juga mengatakan bahwa acara ini sangat menarik karena sebaik-baiknya manusia adalah yang manusia yang bermanfaat. “Semoga kemesraan ini bukan hanya saat momentum Ramadhan, saya sangat mendukung karena hal tersebut merupakan bentuk mengamalkan hadist,” imbuh beliau.(Livia, Ma’rifatul, Nisa Chusdanar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s