Accounting Fair, Wujud Apresiasi Kebudayaan Mahasiswa Akuntansi


1

Deretan stand pada Bazar yang bertemakan 33 Provinsi di Indonesia pada Accounting Fair 2016, Rabu (04/05).

Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April merupakan salah satu hari penting di Indonesia karena perjuangannya dalam hal emansipasi wanita. Berbagai acara dilakukan masyarakat Indonesia untuk memperingati Hari Kartini. Salah satunya Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang mengadakan Acara Kartini Fair namun pada tahun ini diganti dengan nama Accounting Fair yang berlangsung di Aula Pertamina. Acara ini mengangkat tema “Beautiful Journey with Mozaic Culture” dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi yang berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. Selain memperingati Hari Kartini, Accounting Fair juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan mengapresiasi kebudayaan Indonesia serta tak lupa untuk mengembangkan jiwa wirausaha mahasiswa.

Serangkaian acara pada Accounting Fair ini yaitu Fashion Show, Bazar, dan Pentas Seni. Terdapat 33 stand yang mengisi bazar pada acara ini, dengan tema yang mewakili 33 propinsi di Indonesia baik dalam hal dekorasi maupun makanan yang dijual. “Setiap stand diberi tema sebuah provinsi dan akan dinilai berdasarkan kecocokan antara makanan yang dijual dengan dekorasi provinsi tersebut,” ujar Vilia Rizka Pimasari, salah satu panitia Accounting Fair.

2

Salah satu peserta Fashion Show dari kelas 2G D3 Akuntansi di Aula Pertamina Polinema.

Sedangkan lomba fashion show yang ada diikuti oleh mahasiswa Jurusan Akuntansi baik tingkat satu sampai tingkat akhir. Penilaian fashion show didasarkan pada jenis busana yang dipakai, keselarasan busana dengan tema, dan body language peserta pada saat di berjalan di atas panggung. Pemenang fashion show Accounting Fair sendiri berhak mendapatkan piala, uang, bingkisan, dan dinobatkan sebagai Kakang Mbak Yu 2016 dengan pemakaian selempang secara simbolis.

Selain mahasiswa, dosen pun tidak kalah untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini. Diantaranya adalah lomba membuat sandwich dan juga band performance dari dosen Jurusan Akuntansi. Grup Band yang beranggotakan Bapak Bambang, Bapak Koko, Bapak Futuh, Bapak Muwidha, dan Ibu Hilda Cahyani menghibur penonton dengan menyanyikan lagu Kopi Dangdut dan Mawar Merah.

Galuh Kartiko, SH., MHUM, dosen Aspek Hukum dalam Bisnis Jurusan Akuntansi mengatakan bahwa, “Acaranya bagus dan temanya tiap tahun berubah. Mahasiswa dilatih untuk berwirausaha (dengan bazar). Acara ini paling seru, karena semua mahasiswa dari berbagai tingkat berkumpul dan banyak lomba”. Ibu Hilda Cahyani juga memberi komentar, “Secara keseluruhan acara ini sudah memenuhi ekspektasi dari Bapak dan Ibu Dosen”. Beliau juga menyarankan untuk Accounting Fair selanjutnya, lebih diperhatikan lagi tata letak stand serta koordinasi dari panitia, mahasiswa, dan dosen lebih ditingkatkan. (Mursyid, Mifta, Galuh)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s