Accounting Cup, Ditengah Padatnya Jadwal Kuliah


1

Salam Pembukaan dari D3 Akuntansi kelas Tingkat Akhir 1 dan D4 Akuntansi Manajemen kelas 2E dalam Pertandingan Final Futsal Accounting Cup 2016 (18/04)

Menjelang pelaksanaan Ujian Tengah Semester yang biasanya dipenuhi dengan deadline tugas, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) menyelenggarakan Accounting Cup 2016. Diadakan sejak 11-30 April 2016, kegiatan ini mendapat banyak antusias dari seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi baik dari tingkat I maupun tingkat akhir. Selain sebagai ajang refreshing ditengah kepenatan kegiatan perkuliahan, tujuan dari Accounting Cup bertujuan untuk meningkatkan solidaritas sesama mahasiswa khususnya jurusan Akuntansi.

Ketua pelaksana Accounting Cup 2016, Abdullah Huda, menuturkan ada lima cabang olahraga yang dilombakan, yaitu bulu tangkis, futsal putra dan putri, tarik tambang, serta basket 3 on 3. Peserta Accounting Cup sendiri diambil dari perwakilan tiap kelas, dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 225.000,00/kelas. Sedikit berbeda dari tahun lalu, Accounting Cup 2016 yang mengusung tema “Meningkatkan Potensi Diri, Solidaritas ,dan Sportifitas Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Bidang Olahraga” ini, menghadirkan cabang olahraga futsal untuk putri. Walaupun tidak se-expert permainan futsal putra, futsal putri memiliki daya tarik tersendiri. “Seru sih ikut futsal, lari ngejar bola sambil teriak-teriak”, ungkap Chevy Yunita peserta tim futsal putri dari kelas 2F D4 Akuntansi Manajemen sembari tertawa.

Sebagian arena perlombaan tidak bertempat di Politeknik Negeri Malang, mengingat kurangnya jumlah lapangan. Waktu pelaksanaan lomba yang dimulai pukul 16.00 WIB tiap hari dari tanggal 11-30 April ini memiliki aturan yang bisa dibilang cukup ketat. Untuk setiap pelanggaran masing-masing cabang olahraga saja terdapat sanksi tersendiri dari panitia. Misalnya, setiap kartu kuning yang didapat pemain pada cabang olahraga futsal , kelas yang bersangkutan wajib membayar denda Rp.15.000,00 sedangkan untuk kartu merah wajib membayar Rp.30.000,00. Tak hanya itu, berbuat rusuh saat pertandingan berlangsung maupun berkata kotor juga dikenai sanksi dari pihak panitia.

Kendala utama yang dialami saat pelaksanaan Accounting Cup yaitu masalah molornya waktu sehingga jadwal pertandingan menjadi mundur. Penyebabnya tak lain adalah peserta yang datang terlambat. Namun sebenarnya dari pihak HMA telah mengantisipasi hal tersebut dengan mengirim ulang jarkom 30 menit sebelum jadwal tanding. “Nizar sebagai sub ketua pelaksana (sub kapel)  cabang olahraga futsal kali ini mengatasi kendala tersebut dengan berkoordinasi dengan koordinator lapangan dan koordinator lainnya serta saya sebagai kapel-nya.” jelas Abdullah Huda.

Sementara Abdullah Huda, dalam wawancara mengharapkan kegiatan ini bisa membawa manfaat dalam meningkatkan potensi diri mahasiswa jurusan Akuntansi terutama di bidang olahraga serta dapat meningkatkan solidaritas sesama mahasiswa.

Berikut adalah daftar pemenang Accounting Cup :

Juara cabang olahraga Bulu Tangkis : D3 Akuntansi Kelas 2G

Juara cabang olahraga Futsal Putra : D3 Akuntansi kelas Tingkat Akhir

Juara cabang olahraga Tarik Tambang : D4 Akuntansi Manajemen kelas 3D.

Juara cabang olahraga Basket : D4 Akuntansi Manajemen kelas Tingkat Akhir

Juara cabang olahraga Futsal Putri : D4 Akuntansi Manajemen kelas 1 A

 

(Misbahul Munir , Nisa Chusdanar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s