“Sarasehan”, Media Komunikasi Dosen dan Mahasiswa


gambar1

Laporan hasil angket mengenai kualitas dosen dalam Acara Sarasehan Teknik Kimia 2016 di Auditorium Gedung AO, Sabtu (28/05).

Telah berlangsung Sarasehan Teknik Kimia 2016 yang bertema “Suarakan Aspirasi untuk Tingkatkan Prestasi dan Kualitas Edukasi” di Auditorium Gedung AO Politeknik Negeri Malang (Polinema) sejak pukul 08.00-11.00 WIB, Sabtu (28/05). Program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) yang dulu bernama Dialog Dosen Mahasiswa ini, dihadiri oleh seluruh mahasiswa, 13 dosen, dan 1 teknisi Jurusan Teknik Kimia. Tujuan diadakannya Sarasehan adalah sebagai media komunikasi, penyampaian aspirasi dan bertukar pikiran antar civitas akademika Teknik Kimia Polinema.

Acara dibuka dengan beberapa sambutan, laporan hasil angket mengenai kualitas jurusan, pemutaran video kesan pesan pengajar, lalu sesi penyampaian aspirasi mahasiswa. Beberapa aspirasi yang tersalurkan antara lain tentang re-akreditasi Program Studi D4 Teknik Kimia Industri, pengadaan CCTV, antisipasi pemadaman listrik, revisi jobsheet praktikum, teori dan praktek yang kurang sejalan, sertifikasi laboratorium, dan kejelasan jadwal sidang serta rincian biaya Tugas Akhir (TA). Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi sekaligus motivasi oleh salah satu Dosen Pembina Akademik (DPA), Arief Budiono, Drs.MSCH. “Kurikulum yang diberikan sudah sesuai, hanya tinggal masalah mahasiswa dan pengajar. Kita semua harus sama-sama belajar dan berinteraksi secara terbuka, tidak selamanya kami sebagai pengajar benar dan kalian yang diajar salah. Saya harap kekeliruan fatal ini tidak terjadi di sini,” ujar bapak Arief dengan saat menyampaikan materi.

gambar2

Ir. Harjdono, MT., selaku Ketua Jurusan Teknik Kimia sedang memberikan sambutan dalam Acara Sarasehan Teknik Kimia 2016.

Pada penghujung acara, terdapat pemutaran video pendapat mahasiswa tentang dosen dan teknisi terfavorit, dilanjutkan dengan penyerahan piagam kepada pemenang kategori dosen dan teknisi terfavorit oleh ketua jurusan. Ade Sonya Suryandari, ST.,MT sebagai dosen terfavorit di tingkat satu, Khalimatus Sa’diyah, ST.,MT di tingkat dua, serta Armanto ST.,MT di tingkat tiga. Sedangkan teknisi terfavorit adalah bapak Slamet Hadi.

“Sarasehan membuat saya lebih mengenal Jurusan Teknik Kimia, tapi sayangnya belum semua aspirasi mahasiswa tersampaikan karena keterbatasan waktu,” kata Tsamrotul Kuaidiah dari kelas 1B D3 Teknik Kimia. Bapak Hardjono, Ketua Jurusan Teknik Kimia menjelaskan bahwa selain Sarasehan, penyampaian aspirasi mahasiswa Teknik Kimia juga dapat melalui HMTK dan kotak saran yang telah tersedia. “Di Sarasehan yang akan datang, semoga mahasiswa tidak hanya mengkritik namun juga mengapresiasi pengajar dan jurusan,” harap Novia Gita Andari selaku ketua pelaksana. (Diatama, Dian Ayu, Marita Eko)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s