Servis Gratis, Wujud Pengabdian Mahasiswa Teknik Mesin


gambar 1

Antrian motor yang menunggu untuk diperbaiki oleh mekanik Servis Gratis yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin pada acara Jalan Sehat Polinema, Minggu (22/05).

Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan stand Servis Gratis di belakang Gedung Informasi, Minggu (22/05). Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB ini merupakan serangkaian kegiatan dari Dies Natalis Politeknik Negeri Malang ke-34. “Dengan Semangat Dies Natalis POLINEMA ke-34, Mari Kita Wujudkan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Servis Gratis” sebagai tema kegiatan, Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) menyediakan berbagai fasilitas. Mulai dari  gratis oli untuk 100 pendaftar pertama, isi nitrogen gratis, stiker dan snack.

Proses registrasi servis gratis ini diawali dengan pendaftar yang datang memarkirkan sepeda di area parkir yang telah tersedia dan diberi nomor antrean. Kemudian, pendaftar diarahkan untuk mengisi data diri serta keluhan yang dirasakan pada sepeda motornya. “Setiap servis motor memakan waktu yang berbeda, tergantung pada jenis motor, seperti jenis motor keluaran terbaru (injeksi) memerlukan waktu sekitar 20 menit,” jelas Amir, salah satu mekanik. Kegiatan ini hanya menangani servis ringan seperti tune up. Tune Up adalah servis berkala yang dilakukan pada sepeda motor setiap tiga bulan sekali seperti ganti oli dan perawatan rem. Tidak hanya itu, Asep sebagai salah satu mekanik juga menjelaskan bahwa motor yang akan diservis diharuskan keluaran di atas tahun 2000 sebab memudahkan mekanik untuk mencari sparepart pengganti.

gambar 2

Beberapa mekanik dari mahasiswa Jurusan Teknik Mesin sedang memperbaiki sepeda motor dalam acara Servis Gratis yang berlangsung di belakang Gedung Informasi, Polinema.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menyalurkan bakat dari mahasiswa Teknik Mesin kepada  masyarakat melalui servis gratis. “Keuntungan kegiatan ini bagi Polinema sendiri yaitu nama Kampus Biru akan semakin dikenal. Sedangkan dari sisi mekanik, mereka dapat mempraktekkan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah ketika melakukan servis sepeda motor,” tutur Rizky Mahendra, selaku Ketua Pelaksana. Meski demikian, sebelum mekanik menangani pelanggan, mereka dilatih terlebih dahulu oleh HMM mengenai reparasi motor. Sejumlah dua puluh mekanik yang berperan dalam servis ini merupakan mahasiswa tingkat satu maupun tingkat dua dari Jurusan Teknik Mesin. Mereka mendapat feedback berupa imbalan dana dari dana Dies Natalis Polinema dan dua kali jatah makan.

Kegiatan servis ini didukung oleh Polinema, Pertamina, dan Enduro yang menyediakan oli mesin serta Green Nitrogen gratis untuk ban sepeda. “Saya tertarik dengan kegiatan ini karena tanpa biaya alias gratis dan saya percaya dengan kualitas mekanik dari Polinema,” komentar dari Alfarizi, salah satu pendaftar dari masyarakat umum. Amir yang merupakan salah satu mekanik servis gratis juga menambahkan, “Lebih baik untuk kedepannya kegiatan ini juga ditambahkan hiburan agar pendaftar tidak merasa bosan ketika menunggu antrean servis.” (Achmad Yoggi, Galuh Dayinta, Mifta Aulia)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s