LMS 2016, Pencarian Bibit Unggul Polinema


IMG-20160424-WA0002

Oky Trisyanto, peserta Final Lomba Mekanik SMK se-Jawa Timur dari SMK Muhammadiyah 5 Babat Lamongan sedang memperbaiki Mesin Mobil Konvensional, Minggu (24/04).

Setiap perguruan tinggi menginginkan bibit unggul untuk menjadi calon mahasiswanya, yang diharapkan suatu saat nanti mampu mengharumkan nama kampus tersebut. Berbagai cara dilakukan oleh perguruan tinggi guna mencari pelajar berbibit unggul, salah satunya dilakukan oleh Jurusan Teknik Mesin di Potiteknik Negeri Malang. Melalui Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM), jurusan tersebut mengadakan Lomba Mekanik SMK (LMS) Se-Jawa Timur. Lomba ini telah diikuti oleh 296 peserta dari SMK se-Jawa Timur pada babak penyisihan yang diadakan di SMKN 3 Malang.

Materi yang diujikan adalah tentang otomotif yaitu salah satu cabang ilmu teknik mesin. Ilmu tersebut mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat transportasi darat yang menggunakan mesin. Pada babak penyisihan diambil 24 peserta yang akan diuji kembali pada babak semi final. Peserta diberikan waktu 30 menit pertama untuk interview dan praktek gambar sistem kelistrikan. Kemudian dilanjutkan 30 menit kedua untuk praktek kelistrikan menggunakan mesin trainer. Hingga pada akhirnya diambil 5 besar peserta yang akan dilombakan lagi pada babak final. Dalam waktu 60 menit, peserta diharuskan menyelesaikan perbaikan pada mesin mobil konvensional sehingga dapat dinyalakan.

IMG-20160424-WA0000

Mesin Trainer, alat yang digunakan dalam sesi praktek kelistrikan pada Lomba Mekanik SMK se-Jawa Timur.

Juara pertama dari lomba ini diraih oleh Teguh Dwi Yono dari SMK Negeri Darul dan Oki Trisyanto dari SMK Muhammadiyah pada posisi kedua. Sedangkan posisi ketiga diraih oleh Ahmad Nazir dari SMK Negeri 2 Probolinggo. Ketiga juara tersebut memperoleh hadiah berupa uang tunai, sertifikat, trophy, dan berkesempatan untuk masuk ke Jurusan Teknik Mesin di Polinema tanpa tes. Meski peserta yang mengikuti lomba ini tidak hanya pelajar kelas 9 tetapi juga kelas 7 dan 8 SMK tetapi surat rekomendasi yang diberikan masih berlaku untuk tahun berikutnya. Dengan demikian, tujuan lomba dapat tercapai yakni diperolehnya bibit unggul bagi Jurusan Teknik Mesin yang sesuai dengan tema kegiatan, “Meningkatkan Sumber Daya Manusia dengan Membentuk Pelajar yang Ber-skill Tinggi dan untuk Bersaing di Dunia Kerja dan Perguruan Tinggi”.

Riyan Rohman Oktavian, peserta dari SMKN 5 Surabaya menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan ajang untuk mengukur sejauh mana kemampuan diri dalam dunia otomotif bagi pesertanya. Dia juga menambahkan “Saya menyarankan lomba ini selanjutnya untuk materi yang diujikan tingkat kesulitannya ditambah sehingga ilmu yang didapatkan peserta lebih banyak dan dapat diterapkan ke benda kerja seperti mobil”. Sedangkan menurut Risky Agung Cahyono selaku ketua pelaksana kegiatan LMS, saat ditanyai tentang harapan untuk lomba ke depannya mengatakan, “Semoga peserta tiap tahun meningkat dan konsep kegiatan lomba lebih ditingkatkan lagi”. (Utomo Hardiansyah, Sigit Cavalera, Sandhyka Wahyudi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s