Career Expo, Ladang Pekerjaan bagi Job Seeker


1

Para pengunjung yang sebagian mahasiswa tingkat akhir sedang mengisi form pendaftaran kerja dalam kegiatan Career Expo Polinema di Aula Pertamina.

Bekerja adalah suatu kegiatan yang dilakukan manusia untuk mendapatkan gaji guna memenuhi kebutuhan sehari – hari. Sehingga membuat banyaknya manusia yang membutuhkan pekerjaan, tidak terkecuali dengan mahasiswa tingkat akhir di Politeknik Negeri Malang (Polinema). Sebagai instansi pendidikan tinggi, Polinema memberikan fasilitas berupa Job Placement Center (JPC) sebagai tempat bagi mahasiswa Polinema mencari perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan.

Salah satu program kerja dari JPC yaitu mengadakan kegiatan Career Expo, yang memudahkan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk mencari lowongan pekerjaan. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan karir.com, sehingga terdapat lebih dari 1000 perusahaan di Indonesia dengan lowongan pekerjaan yang membutuhkan karyawan baru terutama mahasiswa fresh graduate. Tetapi, hanya 33 stand perusahaan yang hadir pada kegiatan di Aula Pertamina Polinema ini. Meski demikian, tidak mengurangi banyaknya pengunjung yang hadir pada kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini yaitu pada tanggal 20 – 21 April 2016, sebab pengunjung yang ingin mencari lowongan pekerjaan dapat melakukan pendaftaran secara online. Sehingga, pengunjung tetap dengan mudah mendaftar ke perusahaan serta memilih pekerjaan sesuai minat dan bakat hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000,00.

2

Pihak perusahaan PT. Indospiring sedang menjelaskan tentang bidang kerja dan kriteria yang dibutuhkan kepada job seeker.

Berbagai kriteria ditentukan bagi calon karyawan, mulai dari bidang pendidikan, kualitas job seeker, bakat, hingga usia, yang rata – rata dibutuhkan oleh perusahaan berumur kurang dari 30 tahun. Elis, salah satu pihak dari PT. Smartfren Telkom Tbk. mengatakan bahwa kriteria bagi job seeker yang dibutuhkan perusahaannya yaitu lulusan dari Jurusan Teknik Elektro, Teknologi Informasi, Teknik Informatika dengan batasan umur maksimal 25 tahun. “Proses seleksi pelamar ini tidak dapat dikatakan singkat sebab harus melalui tes wawancara, psikotes lengkap, offering, training, dan lain sebagainya karena tujuan kami mengikuti Career Expo adalah untuk mendapatkan lulusan terbaik yang ada di Malang,” lanjut Elis. Zulfikar, pihak dari Perusahaan Nolimit Indonesia juga menjelaskan bahwa saat ini dibutuhkan 7 orang untuk 4 posisi yang bergerak di bidang Information Technology (IT). “Kriteria yang dibutuhkan yaitu mempunyai dasar di bidang IT dan yang terpenting adalah memiliki kemauan untuk belajar karena saat ini sumber daya manusia dibidang IT itu cukup sulit,” imbuh beliau.

Kegiatan Career Expo ini memberikan banyak keuntungan, terutama bagi job seeker yang membutuhkan pekerjaan atau sekedar mencari referensi pekerjaan dan perusahaan yang membutuhkan karyawan. Sedangkan bagi perusahaan, kegiatan ini memudahkan pihak perusahaan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria dalam waktu dua hari. “Career Expo ini memberikan dampak positif karena dengan membayar tiket seharga Rp 25.000,00 dapat mendaftar di 33 stand perusahaan yang tersedia. Bagi job seeker yang tidak datang pada kegiatan ini, maka tidak tidak dapat melakukan pendaftaran secara online, sebab hal tersebut hanya dapat dilakukan di tempat pelaksanaan Career Expo”, ujar Devi salah satu anggota Duta Polinema yang ditunjuk sebagai panitia. Yahya, mahasiswa Lulusan Universitas Airlangga (Unair) juga mengatakan bahwa tujuannya mengikuti Career Expo yakni agar lebih mengetahui kriteria pekerja yang dibutuhkan perusahaan dan memudahkan mencari lowongan pekerjaan sesuai minat sebab dalam sekali waktu dapat mendaftar ke beberapa tempat. Bagi job seeker yang lolos dalam kriteria yang ditentukan akan dihubungi untuk melakukan tes wawancara, sehingga bagi mahasiswa tingkat akhir yang beruntung dapat memiliki pekerjaan sebelum upacara kelulusan. (Nisa Chusdanar, Sabrina, Ma’rifatul)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s