Musabaqoh Tilawatil Quran Lahirkan Generasi Qur’ani


IMG-20160418-WA0009

Pemenang Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Cabang Tilawah , Tartil, Hifdzil, dan Khottil Qur’an di Masjid An-Nur Polinema, Sabtu (16/4)

Final Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) yang diselenggarakan di Masjid An Nur pada Sabtu (16/04) merupakan salah satu acara dari serangkaian Dies Natalis Politeknik Negeri Malang ke – 34. Tema MTQ tahun ini adalah “Wujudkan Generasi Mahasiswa Muslim Politeknik Negeri  Malang yang Qurani, Cerdas, dan Bertakwa” yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam Polinema (UKM Rispol). Kegiatan ini memiliki 4 cabang lomba, yakni  Tilawatil, Tartilil, Hifdzil, dan Khottilil Qur’an.  Lomba MTQ diselenggarakan mulai tanggal 2 hingga 10 April 2016 dimana penyelenggaraannya dikhususkan pada hari Sabtu sebagai final lomba yang  diikuti oleh mahasiswa muslim di Polinema.

“Lomba ini tidak bertujuan untuk mencari pemenang dan penghargaan namun lebih mendekatkan diri kepada Qur’an, karena semua cabang MTQ berhubungan dengan Al Qur’an. Tidak peduli seberapa hebatnya peserta, namun kita mencari barokahnya,” ungkap Endra Kurnia Yudha selaku Ketua Pelaksana. Kegiatan ini memiliki 2 tahap seleksi, yaitu tahap penyisihan diikuti oleh 103 peserta dari seluruh cabang lomba.  Pada tahap final, diambil 10 orang cabang Tilawatil, Tartil, dan Khottilil sedangkan 6 orang pada cabang Hifdzil Qur’an yang diselenggarakan pada tanggal 15 dan 16 April 2016. Endra juga menambahkan bahwa kurangnya koordinasi dari panitia, dosen dan panitia dari UKM Rispol menjadi kendala kegiatan ini sehingga rencana kerjasama dengan HMJ untuk delegasi mahasiswa setiap jurusan yang belum terlaksana dengan baik.

Devi Yulia Kusuma selaku pemenang lomba Tartilil Quran dari D3 Administrasi Bisnis mengatakan,  “Saya senang mengikuti lomba ini karena dapat bertemu dengan teman baru yang menambah semangat. Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang untuk menambah pengamalan dan pembelajaran dalam Al – Qur’an”. Salsabila Fajarwati dari D4 Manajemen Pemasaran selaku pemenang lomba hifdzil Quran juga menambahkan semoga kedepannya lomba MTQ pesertanya semakin banyak, karena peserta tahun ini sedikit sehingga kurang menantang semangat peserta. “Saya juga berharap lomba ini dapat memberikan keseimbangan antara bidang akademik dan kerohanian dari setiap mahasiswa Polinema”, imbuh Endra selaku Ketua Pelaksana. (El Wildatul Ula).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s