SETETES DARAH UNTUK KEMBALIKAN SENYUM SESAMA


Unit Kegiatan Mahasiswa Bhakti Karya Mahasiswa (UKM BKM) kembali menyelenggarakan kegiatan Donor Darah yang bertemakan “Ayo Donorkan Darahmu! Untuk Mengembalikan Senyum Mereka” di Teras Utara Graha Politeknik Negeri Malang (Polinema), Rabu (30/3). Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari yaitu mulai tanggal 29 – 30 Maret 2016 pada pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB. Palang Merah Indonesia (PMI) juga turut dilibatkan dalam pelaksanaan donor darah rutin ini yang diadakan tiga kali dalam setahun.

1

Bus PMI Unit Kota Malang yang berada di Teras Utara Graha Polinema sebagai tempat pengambilan darah dalam kegiatan Donor Darah I oleh UKM BKM, Selasa (29/03).

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengajak seluruh warga Polinema agar lebih aktif dan peduli terhadap sesama,” ungkap Mahendra selaku Ketua Pelaksana. Pendapat senada juga disampaikan oleh Taufiqqurohman selaku Ketua Umum (Ketum) BKM bahwa kegiatan donor darah memang berguna untuk memfasilitasi warga Polinema yang ingin berbagi dan membantu orang lain. Publikasi secara langsung ke setiap kelas dilakukan untuk mempublikasikan kegiatan donor darah ini dan juga melalui media sosial melalui instagram . Taufiqqurohman juga menambahkan bahwa 100 kantong yang disediakan oleh PMI dan hanya tersisa dua kantong saja membuktikan kepedulian warga Polinema yang cukup tinggi dalam kegiatan ini.

2

Salah satu petugas dari PMI sedang mengambil darah dari peserta Donor Darah I di dalam bus yang disediakan oleh PMI

Meski terkendala dengan lokasi kegiatan yang bersifat outdoor, hal tersebut dapat teratasi dengan pelaksanaan donor darah yang berlangsung di dalam bus PMI. Menurut Syafi’i, salah satu petugas PMI yang mengatakan bahwa pihak PMI tidak keberatan dengan lokasi outdoor karena yang terpenting adalah melayani sesuai prosedural dan menjaga kebersihan dari darah yang didonorkan. Pihak PMI juga menentukan persyaratan khusus bagi pendonor, seperti berat badan minimal 50 kilogram, tidak mengkonsumsi obat-obatan, dan tidak ada penyakit khusus. “Syarat tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kualitas darah dari pendonor,” imbuh Syafi’i.

Salah satu pendonor, Rizki A mengatakan bahwa alasannya menjadi pendonor kerena mendonorkan darah dapat bermanfaat bagi kesehatan dan sudah menjadi kebiasaan rutinnya. “Kegiatan donor darah ini saya harapkan terus berlanjut karena berbagi kepada sesama itu penting,” imbuh Rizki A. Petugas PMI, Syafi’i juga menambahkan bahwa kita diharapkan mampu menjadi pabrik darah bagi sesama yang membutuhkan. “Semoga kegiatan donor darah dapat bermanfaat sehingga dapat meringankan beban sesama,” ucap Taufiqqurohman. (Syanne, Imas dan Rizal)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s