Lantunan Shalawat Nabi dalam Kegiatan Rutin bersama Syifa’ul Qolby


Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKM Rispol) Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengadakan kegiatan Grand Opening Shalawatan Rutin Syifa’ul Qolby di Gedung AS Polinema, Kamis (03/03). Shalawatan rutin bersama Al-Banjari Syifa’ul Qolby ini berlangsung pukul 20.00 hingga pukul 21.45 WIB. Kegiatan yang bertemakan “Indahnya Ber-shalawat didalam Kebersamaan untuk Menggapai Syafaat Nabi Muhammad SAW,” ini diikuti oleh mahasiswa Polinema dan terbuka untuk masyarakat umum. Pelaksanaan kegiatan dilakukan setiap hari Kamis pada tanggal 7 April, 2 Juni, 6 Oktober, 3 November dan ditutup pada tanggal 1 Desember 2016.

2

Penampilan dari Al Banjari Syifaul Qolby dari UKM Rispol sebagai pembuka dalam kegiatan Pembukaan Shalawatan Rutin.

Kegiatan diawali dengan shalawat-an bersama Al–Banjari Syifa’ul Qolby dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Umum UKM Rispol, dan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Selanjutnya, pemberian materi oleh Gus Mahfudz Ali Nurdin selaku pemateri dari Pondok Pesantren Ar-Rohman Malang. Beliau membahas tentang pentingnya ibadah sholat dengan mengutip ayat Al – Quran surat Al-Ankabuut ayat 45 yang berarti “Dirikanlah sholat, sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar”. “Sebab sholat merupakan kepala dari semua ibadah, sehingga melalui shalat kita dapat mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT,” imbuhnya. Gus Mahfudz juga menjelaskan tentang keutamaan ber-shalawat yaitu mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Selain itu, beliau mengingatkan pula perintah bagi orang – orang yang beriman untuk melaksanakan puasa, zakat, dan haji bagi yang mampu.

1

Ceramah oleh Gus Mahfudz dalam kegiatan Pembukaan Shalawatan Rutin.

Yayan Rahmat selaku ketua pelaksana berharap, dari majelis shalawat ini bisa menjadi wadah untuk menambah ilmu, keimanan kepada nabi, dan mempererat ukhuwah islamiyah antar mahasiswa Polinema. “Semoga kegiatan selanjutnya dapat meningkatkan keakraban warga Sekretariatan Bersama (Sekber),” tuturnya. “Manfaat dari kegiatan ini yaitu memberikan kedamaian batin dan jiwa, serta menambahkan rasa rindu kepada Rasulullah SAW,” tutur Yayan Nurdianti, salah satu peserta majelis shalawat. “Oleh karena itu, saya usahakan untuk selalu datang dan semoga peminat shalawatan rutin kedepannya semakin bertambah banyak,” imbuhnya. (Rifky Prayanta, Saiful Anam, Mursyid Tamam)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s