JELAJAHI DUNIA FOTOGRAFI DALAM PHOTO EXHIBITION 2016


Sabtu (06/02), seluruh mahasiswa tingkat akhir sebanyak 19 orang dari Indonesian School of Photography (ISOP) mengadakan kegiatan Photo Exhibition yang bertempat di MX Mall, Malang. Pameran foto yang mengusung tema In the Name of Colour ini merupakan salah satu bentuk Tugas Akhir (TA) yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa guna memenuhi syarat kelulusan dari ISOP. Kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari serangkaian acara jurnalistik yang berlangsung selama dua hari yaitu 6 Februari hingga 7 Februari 2016. Sebelum kegiatan berlangsung, pengunjung dapat mengikuti kegiatan Seminar Jurnalistik dengan MamukIsmantoro sebagai narasumbernya.

1.jpg

Pengunjung Photo Exhibition 2016 sedang mengamati beragam foto yang dipajang di MX Mall dengan kategori Landscape, Food, Fashion dan Still Life.(AFM)

Setiap mahasiswa dalam pameran ini mempersiapkan materi foto sejak dua bulan sebelumnya dan menyerahkan maksimal tiga foto kepada Dosen Pembimbing (Dosbing) untuk diseleksi. Terdapat beberapa bidang foto yang ditampilkan mulai dari Landscape, Food, Fashion hingga Still Life yang diambil dari berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri seperti Jepang, Vietnam dan USA. “Tema ini dipilih karena memberikan kebebasan bagi setiap mahasiswa untuk mengeksplor ide melalui foto sesuai dengan bidang yang ditekuninya”, ungkap Ola C., selaku Dosbing ISOP. Kegiatan rutin yang telah berumur delapan tahun ini berusaha menampikan sisi eksklusif dunia fotografi dan menonjolkan keberagaman maknayang dapat tercipta dari sebuah foto seperti yang diterangkan Dosbing ISOP ini. “Pameran foto ini juga menjadi pembuktian perjuangan mereka mulai dari teknik fotografi dasar hingga mencapai puncaknya”, sambung Pak Ola.

2.jpg

Deretan karya mahasiswa tingkat akhir Indonesian School of Photography dalam acara Photo Exhibition 2016 yang bertemakan In The Name Of Colour.(WB)

Kriteria dari foto agar dapat dipamerkan yaitu permainan warna, komposisi dan keserasian serta seberapa dalam kisah yang ingin disampaikan foto tersebut kepada pengunjung.“Kegiatan ini memacu mahasiswa ISOP agar lebih kreatif dalam bidang fotografi. Meski sempat mengalami kendala karena terbatasnya waktu pengambilan gambar di studio”, jelas Safira N., salah satu mahasiswa ISOP dengan karya Harmony di bidang Still Life. “Semoga pameran foto ini dapat memasyarakatkan fotografi, memperkenalkan ISOP dan menjadi langkah awal untuk terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya” harap Safira lagi. “Melalui pameran ini, kita bisa menjadi penikmat sekaligus pelajar dari pesan yang ingin disampaikan melalui foto” imbuh Pak Ongki selaku pengunjung pameran. (Syanne dan Rizal)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s