BEM Se – Indonesia Gelar Orasi Pasca 365 Hari Kepemimpinan Jokowi


Kamis (22/10), telah orasi mahasiswa dalam rangka satu tahun masa kerja Jokowi di ibukota Jawa Timur, Surabaya. Peserta orasi ini berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se–Jawa Timur baik Universitas maupun Politeknik, dimulai dari daerah Bambu Runcing hingga berpusat di depat Gedung Grahadi. Kegiatan unjuk suara mahasiswa ini dilakukan pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Penanggung jawab orasi ini adalah Jiul salah satu anggota BEM dari Universitas Airlangga.

Mahasiswa sedang melakukan penggalangan dana di Perempatan Pizza Hut Soekarno-Hatta

Mahasiswa sedang melakukan penggalangan dana di Perempatan Pizza Hut Soekarno-Hatta

Diadakannya aksi orasi ini bukan untuk mengklaim kepemimpinan Jokowi gagal, namun menanyakan bagaimana kepemimpinan Jokowi selama 365 hari ini. Beberapa kampus di seluruh Indonesia diberi kuisioner yang berisi tentang kepemimpinan Jokowi. Hasil dari survey tersebut diunggah pada halaman website www.republika.news. Survey yang dilakukan meliputi berbagai bidang yaitu ekonomi, politik, dan penegakan hukum serta Hak Asasi Manusia (HAM). Tujuan diadakan aksi orasi ini adalah mahasiswa sebagai intelektual mampu mengontrol kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat, seperti orasi pada kali ini yang menuntut kebijakan pemerintah dan menyampaikan langsung ke gurbenur Jawa Timur.

IMG-20151022-WA0007

Isi dari tuntutan tersebut antara lain adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, menurunkan harga bahan pokok, dan menurunkan angka penggangguran di Indonesia. Tetapi aksi orasi kali ini lebih fokus mengenai melawan asap di Sumatra dan Palangkaraya yang saat ini sedang menjadi sorotan publik, sehingga diadakannya penggalangan dana dengan meminta donasi kepada masyarakat yang mendapatkan hasil 8 juta rupiah.

Selain itu, H. Ir. Soekarwo yang akrab dipanggil Pak Dhe Karwo selaku Gubernur Jawa Timur juga mendonasikan uang 50 juta rupiah sebagai bukti kepedulian warga Jawa Timur kepada korban asap. Hasil dari penggalangan dana sebesar 58 juta rupiah tersebut dikirimkan langsung ke rekening ACT (Aksi Cepat Tanggap) yang merupakan salah satu lembaga sosial di Indonesia.

Bapak H. Soekarwo ikut melakukan aksi orasi kepemimpinan Jokowi selama 1 tahun sekaligus Penggalangan dana korban kabut asap

Bapak H. Soekarwo ikut melakukan aksi orasi kepemimpinan Jokowi selama 1 tahun sekaligus Penggalangan dana korban kabut asap

Presiden BEM Polinema, M. Rifqi Fahreza menuturkan, “Tanggapan dari pemerintah mengenai aksi orasi ini cukup positif karena tidak seperti aksi biasanya yang hanya berupa tuntutan, tapi juga memberi solusi kongkrit untuk penggalangan dana untuk korban asap dan diapresiasi oleh Pak Dhe Karwo”. “Semoga aksi orasi selanjutnya lebih banyak massa–nya dan lebih kompak, serta dapat mendidik pemerintah walaupun dengan cara perlawanan”, imbuh Reza. (Novella dan Wiwin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s