Mahasiswa Polinema Unjuk Kreativitas dengan PKM


Seminar Penyusunan Karya Ilmiah kembali diselenggarakan Politeknik Negeri Malang (Polinema) dengan tujuan guna memberikan gambaran tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan yang diselenggarakan Kamis, 25 Juni 2015 di Aula Pertamina. Peserta yang hadir merupakan mahasiswa penerima beasiswa serta mahasiswa umum. Bandung Arry Sanjoyo S.Si, M.Si dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan ENG. Anggit Murdani. Dr., ST. M.ENG dosen Teknik Mesin Polinema merupakan pemateri dalam kegiatan yang berlangsung pukul 13.00-14.00 WIB.

Rangkaian acara seminar diawali dengan sambutan. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang bagaimana membuat PKM yang kreatif dan benar. “PKM itu bertujuan untuk melatih sudah sejauh mana tingkat kreatif kita”, ujar Pak Bandung ketika memberikan materi. Materi penggalian ide PKM merupakan materi kedua yang disampaikan oleh ENG. Anggit Murdani. Dr., ST. M.ENG, serta ditutup dengan sesi tanya jawab.

Seminar Penyusunan Karya Ilmiah yang diselenggarakan Polinema untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa yang mengikuti PKM.

Seminar Penyusunan Karya Ilmiah yang diselenggarakan Polinema untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa yang mengikuti PKM.

Polinema membagi PKM menjadi 5 bidang. PKM Kewirausahaan yang berorientasi pada keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha. PKM Pengabdian Masyarakat dengan tujuan memberikan rasa sosialisasi kepada masyarakat. PKM Karsa Cipta dimana mahasiswa menciptakan suatu produk yang baru. PKM Penerapan Teknologi  merupakan program bantuan teknologi dari mahasiswa kepada mitra. Serta PKM Penelitian adalah program penelitian suatu objek.

Menurut Banni Satria Andoko, S.Kom., MMSi selaku dosen Teknik Informatika bahwa mahasiswa Polinema lebih memfokuskan pada PKM Karsa Cipta dan PKM Penelitian. “Untuk di sisi Politekniknya lebih difokuskan pada PKM-KC dan PKM-P,” tutur beliau ketika ditanya soal PKM mana yang lebih diutamakan di Polinema.

Pada seminar sosialisasi PKM tahun ini, mahasiswa Polinema lebih antusias mengikuti PKM. Terbukti sebanyak 400 mahasiswa mengikuti seminar ini, padahal tahun lalu hanya sekitar 200 peserta yang mengikuti seminar tersebut. “Acaranya bagus, tetapi pada sesi materi kedua suasananya kurang kondusif”, kata Muhammad Fiqhi Ibad saat memberikan komentar acara seminar. “Semoga seminar PKM selanjutnya lebih terkoordinasi lagi”, sambungnya. (Wibby & Fauzi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s