Teatrical Motivasi Warnai Peringatan HANI


Minggu (14/06), Unit Kegiatan Mahasiswa Pasukan Anti Narkotika (UKM PASTI) Polinema melakukan orasi guna memperingati Hari Anti Narkoba IInternasional (HANI) di Car Free Day (CFD) Jalan Ijen Kota Malang. Kegiatan ini mengambil tema “Leave Drug & Inspire The world” yang bertujuan untuk mensosialisasikan bahaya narkoba kepada masyarakat. Anggota UKM PASTI dan Komunitas Mahasiswa Anti Narkotika (KAWAN) melebur jadi satu dalam orasi kali ini. Dimulai pukul 07.00 – 10.00 WIB kegiatan ini dilakukan dengan mengelilingi area CFD serta menyerukan bahaya narkoba guna menjauhi narkoba. Uniknya, terdapat pembacaan puisi dan tanda tangan oleh anggota PASTI dan pengunjung CFD sebagai bentuk partisipasi terhadap gerakan anti naroba tersebut.

Anggota UKM PASTI sedang melakukan orasi mengelilingi area Car Free Day (CFD).

Anggota UKM PASTI sedang melakukan orasi mengelilingi area Car Free Day (CFD).

Theatrical yang diperankan oleh anggota UKM PASTI juga turut dihadirkan dalam kegiatan ini, sehingga membuat pengunjung CFD tertarik untuk melihat. Theatrical yang bercerita tentang seorang mahasiswa kedokteran yang bernama Beno berasal dari keluarga kaya raya namun kurang kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya. Sehingga Beno merasa kesepian dan melampiaskannya dengan mengonsumsi obat – obat terlarang.

Beno punya kekasih, lalu Beno mengajak kekasihnya untuk mengonsumsi narkoba juga hingga overdosis dan akhirnya meninggal. Karena merasa bersalah dan bingung, Beno mencoba bunuh diri dengan meminum semua narkoba hingga dia overdosis namun nyawanya masih bisa tertolong. Beno akhirnya mengalami gangguan jiwa yang menyebabkan orang tuanya merasa sedih dan menyesal karena hanya fokus bekerja dan tidak memperhatikan anaknya. Dari cerita tersebut dapat diambil pelajaran betapa bahayanya akibat dari mengkonsumsi narkoba yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. “Tujuan dari theatrical tersebut agar orangtua senantiasa memperhatikan anaknya, meskipun sibuk harus tetap memberi kasih sayang kepada anaknya”, kata Ketua Pelaksana HANI Bima Yulia Putra.

Theatrical yang diperankan oleh anggota UKM PASTI didepan stand yang berada di CFD.

Theatrical yang diperankan oleh anggota UKM PASTI didepan stand yang berada di CFD.

Dengan diadakan kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat lebih paham dan mengerti dengan bahaya mengonsumsi narkoba. “Harapan kedepannya kegiatan seperti ini bisa disosialisasikan di sekolah- sekolah dan kampus agar masyarakat khususnya remaja lebih tahu dan mengerti bahaya narkoba”, kata Arani Lestari salah satu pengunjung CFD. Semoga tahun 2015 bebas narkotika sesuai dengan program BNN yaitu seratus ribu penggunna narkotika direhabilitasi. (Dina Takti dan Ahmad Fauzi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s