Teknik Sipil Unjuk Inovasi dengan Manfaatkan Bahan Bekas


Kamis (11/06), telah berlangsung kegiatan Lomba Karya Inovasi (LKI) Jurusan Teknik Sipil yang bertempat di halaman gedung Teknik Sipil lantai 1. Tema dari kegiatan tersebut yaitu “Membangun Generasi Kreatif Demi Menciptakan Inovasi Modern di Bidang Konstruksi”. Lomba dimulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Kegiatan ini diikuti 16 kelompok yang terdiri dari 2 anggota pada setiap kelompok. Peserta berasal dari tingkat 1 maupun 2 baik dari program studi D3 Teknik Sipil ataupun D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi.

Setiap peserta mendapat kesempatan untuk mempresentasikan produk hasil karya inovasinya didepan 3 juri yang merupakan dosen dari jurusan Teknik Sipil. Juri dari lomba tersebut yakni Ibu Utami, Bapak Marinto, dan Ibu Sugiati. Kriteria penilaian lomba berdasarkan keunggulan produk, nilai fungsi yang dimiliki produknya, dan kemanfaatan dari limbah yang digunakan untuk membuat produk tersebut.

Presentasi yang dilakukan oleh setiap kelompok Lomba Karya Inovasi untuk menjelaskan produknya di depan 3 juri dari dosen Teknik Sipil.

Presentasi yang dilakukan oleh setiap kelompok Lomba Karya Inovasi untuk menjelaskan produknya di depan 3 juri dari dosen Teknik Sipil.

Pada penghujung acara diumumkan pemenang dari lomba tersebut, juara satu dimenangkan oleh kelompok 10 yang memperoleh uang tunai sebesar Rp. 2.000.000,- dengan produk ‘Meja Botol Plastik Menyala’. Juara kedua dimenangkan oleh kelompok 16 dengan produk ‘Pintu dari Serutan Kayu’ yang memperoleh hadiah sebesar Rp. 1.500.000,- . Sedangkan juara 3 dimenangkan oleh kelompok 2 dengan produk ‘Rak Buku Berbahan Krat’ yang mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 1.000.000,-. Selain itu kelompok tersebut juga mendapatkan juara kelompok terfavorit pilihan pengunjung sehingga mendapatkan hadiah tambahan sebesar Rp. 750.000,-.

Salah satu produk dari LKI ini adalah Meja Pembatas Ruang Pipa (Meperupibe) yang memanfaatkan bahan pipa bekas pembangunan gedung Teknik Sipil. Produk ini memiliki keunggulan yang unik yaitu tidak hanya sebagai pembatas ruang tetapi juga sebagai meja gambar teknik, sehingga dapat dilihat dari kedua sisi.

Meja Pembatas Ruang Pipa Bekas (Meperupibe), salah satu produk hasil Lomba Karya Inovesi Teknik Sipil 2015 yang memanfaatkan pipa bekas.

Meja Pembatas Ruang Pipa Bekas (Meperupibe), salah satu produk hasil Lomba Karya Inovesi Teknik Sipil 2015 yang memanfaatkan pipa bekas.

Selain itu juga ada Kursi Botol Plastik yang memiliki keunggulan untuk bersantai menonton televisi, sebagai hiasan, dan di bagian belakang terdapat laci untuk menaruh buku atau benda lain dan dapat menahan beban hingga 100 kg. Menurut Karina Aulia salah satu peserta dari Program Studi D3 Teknik Sipil mengatakan. “Tujuan saya mengikuti kegiatan ini adalah ingin belajar berkompetisi dan memanfaatkan bahan bekas yang ada dengan inovasi yang saya miliki“.

“Selain bertujuan memotivasi mahasiswa untuk kreatif dan inovatif, saya juga berharap semoga kedepannya acara ini dapat diadakan secara nasional”, tutur Bapak Agus selaku ketua pelaksana kegiatan ini. (Novella dan Wibby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s