Bantu Sesama dengan Setetes Darah


Senin (08/06), UKM BKM (Bakti Karya Mahasiswa) kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah rutin yang diadakan setiap tiga bulan sekali. Kegiatan donor darah ini diselenggarakan dengan kerjasama PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Malang. Graha Theater dipilih sebagai tempat berlangsungnya kegiatan ini yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Sasaran dalam kegiatan yang rutin diadakan ini yakni seluruh civitas akademika Polinema yang diantaranya mahasiswa, dosen, staf, petugas keamanan dan kebersihan dll. Tujuan utama diadakannya kegiatan ini yakni guna membantu PMI memenuhi kebutuhan kantong darah yang tiap tahunnya selalu meningkat.

UKM BKM mengadakan donor darah selama dua hari guna mendapatkan kantong darah yang cukup serta menampung pendonor yang mau mendonorkan darahnya. “Antusias mahasiswa disini bagus, alhamdulillah sehingga kita bisa rutin,” ujar petugas PMI Kota Malang. Pendonor yang datang harus melewati dua kali tahap pertanyaan agar memenuhi persyaratan untuk mendonorkan darahnya. Pertanyaan pertama dilakukan oleh anggota BKM pada saat absensi tentang karakter pendonor sedangkan pertanyaan kedua dilakukan oleh petugas PMI.

Salah satu mahasiswa Polinema sedang mendonorkan darahnya.

Salah satu mahasiswa Polinema sedang mendonorkan darahnya.

Adapun persyaratan yang diberikan bagi pendonor umur 17 tahun keatas, berat badan lebih dari 50 kg, sehat, tidak pernah mengalami penyakit (sesak napas, tifus, malaria), sudah sarapan, tidur cukup, tidak hamil/haid dan tidak mengkonsumsi obat. Setelah mendonorkan darahnya, pendonor akan mendapatkan tablet penambah darah, roti dan susu untuk menggantikan darah yang diambil.

Manfaat mendonorkan darah bisa menjaga kesehatan, menjaga kebugaran tubuh, mencuci darah, terhindar dari penyakit-penyakit. Dalam penyelenggaraan kegiatan ini belum bisa maksimal dikarenakan tempat yang terbuka. “Lebih baik lagi, memenuhi target, kalau bisa di ruangan tertutup dan sejuk bagi pendonor”, harapan Sriani selaku petugas PMI Kota Malang. Harapan ini bertujuan agar kegiatan donor darah dapat berlangsung lebih lama dan suhu lebih rendah karena suhu berpengaruh terhadap kerusakan sel-sel darah. (Nadia Fairuz dan Rahma Yuandera)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s