Kembangkan Daya Nalar Melalui Workshop Penelitian


Sabtu (06/06), Workshop Penelitian ilmiah diselenggarakan oleh UKM Pendidikan dan Penalaran (UKM PP) di gedung AE lantai 2 Politeknik Negeri Malang (Polinema). Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh 50 peserta dari fungsionaris UKM PP. Tema dari kegiatan ini adalah “Pengembangan Daya Nalar Fungsionaris Unit Kegiatan Mahasiswa Pendidikan dan Penalaran Melalui Penelitian Ilmiah dalam Menyikapi Permasalahan di Polinema”. Pemateri dalam kegiatan ini yakni Dr. M. Sarosa, Dipl. Ing. MT. yang merupakan dosen dari Jurusan Teknik Elektro Polinema.

Terdapat dua materi yang disampaikan, materi pertama menganalisis masalah dan mencarikan solusinya, materi yang kedua penulisan jurnal ilmiah. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dibatasi hanya tiga pertanyaan. Kegiatan workshop penelitian ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan sebanyak dua kali pertemuan.

Dr. M. Sarosa, Dipl. Ing. MT. sedang mejelaskan materi tentang penulisan jurnal ilmiah pada kegiatan Workshop Penelitian.

Dr. M. Sarosa, Dipl. Ing. MT. sedang mejelaskan materi tentang penulisan jurnal ilmiah pada kegiatan Workshop Penelitian.

Pada pertemuan pertama menjelaskan dasar dari peneletian ilmiah. Selanjutnya dibentuk sepuluh kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari sepuluh orang yang nantinya akan membuat jurnal penelitian ilmiah. Jurnal tersebut akan dikumpulkan pada pertemuan kedua pada bulan Desember mendatang.

Setelah kelompok dibentuk, peserta diberikan waktu tiga puluh menit untuk menentukan masalah dan apa yang akan diteliti.  Tujuan dari diadakan kegiatan ini adalah mengembangkan kemampuan menganalisis dan mempererat hubungan antar fungsionaris melalui penelitian sosial. Menurut Ryka Tri salah satu peserta workshop mengatakan manfaat yang dia dapat dari acara ini yaitu dapat menambah wawasannya mengenai penelitian ilmiah dan dapat belajar cara membuat jurnal penelitian yang benar.

Pada sesi tanya jawab, Syamsul Bahri salah satu peserta workshop penelitian sedang mengajukan pertanyaan kepada pemateri.

Pada sesi tanya jawab, Syamsul Bahri salah satu peserta workshop penelitian sedang mengajukan pertanyaan kepada pemateri.

“Semoga selanjutnya peserta kegiatan semakin banyak dan setiap kelompok dapat menyelesaikan penelitian mereka dengan baik”, ucap Achmad Fulan dari program studi Jaringan Teknologi Digital selaku ketua pelaksana dari kegiatan ini. (Novella)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s