OKI Polinema Timba Ilmu Sampai ke Bali


Organisasi Kemahasiswaan Intra (OKI) Politeknik Negeri Malang (Polinema) melakukan study banding atau study visit ke Bali pada Sabtu, 6 Juni 2015. Tuan rumah study banding yaitu Universitas Udayana dan Politeknik Negeri Bali (PNB). Ucapan salam “Om Swastyastu” yang berarti (semoga ada dalam keadaan baik atas karunia Tuhan Yang Maha Esa) menjadi sambutan sebelum melakukan diskusi tentang masing-masing organisasi.

Kegiatan study banding ini merupakan program kerja dari lembaga tinggi Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Sebanyak 31 peserta yang berasal dari 18 pemimpin OKI masa jabatan 2015-2016, 12 panitia dan Bapak Armin Naibaho selaku perwakilan dosen pembina kemahasiswaan berpartisipasi.

Kunjungan yang pertama dilakukan di Universitas Udayana. Diawali dengan sambutan-sambutan, kemudian diskusi tentang peraturan dan kebijakan organisasi Universitas Udaya. Dilanjutkan dengan penjelasan organisasi dari Polinema. Selain itu, juga terdapat perkenalan masing-masing anggota organisasi dan tanya jawab peserta. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan plakat dan foto bersama sebagai kenang-kenangan dari kedua organisasi. Tak dapat dipungkiri, terdapat banyak perbedaan kebijakan dan peraturan organisasi antara Universitas Udayana dan Polinema, karena memang sistem pendidikan yang dianutpun tidak sama.

Penyerahan vandel dari Politeknik Negeri Malang kepada Universitas Udayana.

Penyerahan vandel dari Politeknik Negeri Malang kepada Universitas Udayana.

Suasana bersinergi ketika melakukan kunjungan ke Politeknik Negeri Bali. Sambutan yang begitu hangat dari panitia, ditambah ruangan yang luas dan nyaman semakin menambah keakraban antara panitia dan peserta. Tak jauh berbeda dengan kunjungan di Universitas Udayana, kegiatan diawali dengan sambutan-sambutan, pengenalan organisasi dan anggota, sesi tanya jawab dan keliling kampus. Persamaan latarbelakang instansi yaitu pendidikan vokasi terapan, sehingga peraturan dan kebijakan organisasi Polinema dan PNB secara umum hampir sama hanya terdapat perbedaan nama. “Ilmu yang bisa di petik adalah peraturan organisasi di PNB lebih disiplin dan mendapatkan dana yang melimpah ruah dari atasan. Sehingga OKI bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu baru”, tutur Febri Setiawan selaku ketua umum DPM Polinema.

IMG_3561

Foto bersama peserta study banding Politeknik Negeri Malang dan Politeknik Negeri Bali.

Meskipun ada beberapa organisasi yang belum didirikan di masing-masing instansi, namun kendala tersebut tak menurunkan semangat saling mengenal organisasi. Sayangnya, tidak semua OKI Polinema bisa mengikuti kegiatan ini, unit kegiatan mahasiswa Olahraga, KMK dan MENWA absen tidak mengikuti kegiatan study banding.(Qoriatu Toyyibatul Jannah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s