Wujudkan Keseimbangan Karakter dengan Seminar Nasional 2015


Kamis, (4/06) Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum (UPT MKU) Politeknik Negeri Malang menyelenggarakan Seminar Nasional 2015 yang bertempat di Auditorium Gedung AH. Acara dimulai pukul 08.40 WIB dan diikuti oleh 260 peserta dari perwakilan Program Studi di Polinema. Peserta yang hadir diantaranya dari Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Jaringan Telekomikasi Digital, Teknik Mesin dan Akuntansi yang telah mendapat surat dispensasi.

Suasan Seminar Nasional yang berlangsung di Auditorium Gedung AH Polinema

Suasan Seminar Nasional yang berlangsung di Auditorium Gedung AH Polinema.

Tema Seminar kali ini yaitu “Membangun Mahasiswa Berkarakter Sebagai Upaya Memajukan Generasi Yang Unggul”. Tujuannya guna menyatukan visi misi UPT MKU. Diambilnya tema ini guna membuat mahasiswa dapat menyeimbangkan disiplin ilmu, karakter, dan etika. Dimana Polinema kini masuk dunia industri dan usaha.

Materi yang diberikan dalam acara ini yakni “Pendidikan Karakter” dari Prof. Dr. Ir Suhardjono, Dipl. He., M. Pd. Beliau merupakan dosen Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang. Selain itu, juga terdapat materi “Orkestra Pembelajaran Karakter dengan Menggunakan Bahasa Cinta” disampaikan oleh Prof. Dr. I Nyoman Sudjana Degeng, M. Pd yang merupakan Teknolog Pembelajaran Universitas Negeri Malang. “Orang yang mengajarkan cinta akan mati muda. Oleh karena itu, jangan mengajarkan tentang cinta. Tapi, hiduplah dengan cinta. Jadilah pelaku cinta”, ujar Prof. Dr. I Nyoman Sudjana Degeng, M. Pd dalam sela – sela pemberian materi.

Deretan peserta dan pemateri Seminar Nasional 2015

Deretan peserta dan pemateri Seminar Nasional 2015.

Adapun sesi tanya jawab dalam acara ini yang dipimpin oleh moderator dan dilanjut dengan pemberian kenang – kenangan oleh Abdul Chalim, S. AG selaku Kepala UPT MKU Polinema pada pemateri. “Seminar ini bagus sekali, selain hardskill, kita perlu juga meningkatkan softskill. Untuk kedepannya, acaranya dapat lebih panjang. Karena pertanyaan banyak yang tidak tertampung”, ujar Usita mahasiswa kelas 1A Jaringan Telekomunikasi Digital.

Adapun kesan – kesan yang disampaikan Abdul Chalim, S. AG dalam sesi wawancara, “Tidak semua mahasiswa Polinema hadir dalam seminar ini. Karena para dosen MKU hanya masuk di beberapa jurusan dan menyampaikan seminar ini saat mengajar. Untuk semester berikutnya akan ditindaklanjuti”. (Anissa Novenda dan Mahrus Ali)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s