Beat Attack, Budayakan Tari Generasi Muda


Sabtu (23/05), di Graha Theater Politeknik Negeri Malang telah diadakan acara Beat Attack Vol. 5 se – Jawa Timur oleh UKM Theatrisic. Acara di mulai pada pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. “The Glow in The Harmony” adalah tema acara diharapkan peserta dapat menunjukkan penampilan terbaiknya yang bersinar. Penonton yang menghadiri acara mencapai 500 orang lebih dengan tiket gratis. Acara dimeriahkan juga oleh penampilan dari Home Dance Theatrisic, DJ Romzky Elfara 999, dan Light Dance Holion 48.

Lomba pada acara Beat Attack ini dibagi dalam 3 kategori yaitu Traditional Contemporary Dance, Modern Dance Mixed With Traditional Moves, dan 2 on 2 B – Boy Battle. Kriteria penilaian dari setiap kategori yaitu harus sesuai dengan tema. Selain itu, persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta Traditional Dance adalah menampilkan tradisional kontemporer tari kreasi dengan durasi 6 menit, dan anggota maksimal 6 orang. Peserta harus membayar biaya pendaftaran senilai Rp. 65.000,00.

Penampilan salah satu peserta tari tradisional.

Aksi EDC UB, salah satu peserta lomba Beat Attack kategori Traditional Contemporary.

Kemudian untuk kategori Modern Dance persyaratannya yaitu terdapat 5 – 10 % mixed gerakan tari tradisional, durasi 3 – 5 menit, dengan anggota 3 – 5 orang. Serta biaya pendaftaran senilai Rp. 85.000,00. Sedangkan pada kategori 2 on 2 B – Boy Battle adalah melakukan battle free style dan membayar biaya pendaftaran senilai Rp. 30.000,00.

Penampilan 'Baby Badass', juara pertama kategori Modern Dance Mixed with Traditional Moves dari Malang.

Penampilan ‘Baby Badass’, juara pertama kategori Modern Dance Mixed with Traditional Moves dari Malang.

Juara Traditional Dance adalah Spendel’z Danie dari SMPN 8 Malang. Juara untuk Modern Dance yaitu Baby Badass dari Malang serta untuk B – Boy Battle adalah Sunsun Bergoyang.

Aksi free style dance oleh peserta kategori 2 on 2 B - Boy Battle.

Aksi free style dance oleh peserta kategori 2 on 2 B – Boy Battle.

Selain itu juga ada juara Best Costume dimenangkan oleh Rubilacx Crew dan Best Styke B – Boy Style oleh Bayu. Pemenang lomba ini memperoleh fresh money, sertifikat, trophy, dan juga merchandise. Terdapat empat juri pada lomba ini yaitu Patricia Puput, Pakdhe Bboy Stinger, Nyai Roro Dadak Purwo, dan Dyah Mayang Sari (IODI).

Pada kategori Traditional Dance diikuti 13 team, Modern Dance juga diikuti 13 team, dan B – Boy diikuti 14 orang. Peserta lomba, selain berasal dari kota Malang juga banyak dari kota lain seperti Jember, Gresik, dan Lumajang.

Bagi peserta yang mengikuti lomba dibatasi usia minimal 15 tahun dan maksimal 25 tahun. Menurut penjelasan ketua pelaksana Nindia Mahardika mengatakan, “Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan UKM Theatrisic, terutama divisi tari kepada masyarakat luas. Serta menampung minat dan bakat yang dimiliki masyarakat umum yang memiliki bakat tari”

Selain itu,  “saya berharap acara ini kedepannya lebih baik tidak hanya mencakup tingkat Jawa Timur tetapi bisa hingga ke tingkat se – Jawa Bali bahkan Nasional”, imbuhnya. (Novella Ayu)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s