FGD, Diskusi Teknologi Pangan Mahasiswa Politeknik


Senin (27/04) Focus Group Discussion (FGD) merupakan serangkaian kegiatan dari Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik se–Indonesia (FKMPI) yang diselenggarakan di Wisma Bimasakti, Kota Batu. Tema yang diambil dalam kegiatan ini yakni “Kemandirian Teknologi dan Pangan Indonesia”. FGD pertama kali diselenggarakan pada FKMPI ditahun ini. Selain itu, tujuan diadakannya FGD untuk menambah pengetahuan dan membuka pemikiran mahasiswa mengenai teknologi dan pangan Indonesia.

Suasana Focuss Group Discussion di Wisma Bimasakti yang diikuti oleh perwakilan 42 Politeknik se-Indonesia

Suasana Focuss Group Discussion di Wisma Bimasakti yang diikuti oleh perwakilan 42 Politeknik se-Indonesia

FGD diawali dengan penyampaian materi tentang pengembangan sumber daya yang ada di Indonesia, seperti bagaimana mendapatkan nutrisi-nutrisi dari alam dengan cara organik. Ricky Elson, Dr. Anton Muhibbudin, dan Dr. Henry Budianto menjadi pemateri yang ditunjuk pada FGD tersebut. “Seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa Politeknik, harusnya paham secara teknik untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi – potensi alam di Indonesia”, ujar Valentino Febri Setiawan selaku Koordinator Lapangan dalam memberikan alasan dipilihnya materi tersebut.

Sebanyak 120 peserta hadir untuk mengikuti FGD. Peserta berasal dari 42 Politeknik se–Indonesia yang diwakili oleh masing – masing Badan Eksekutif (BEM). “Acara diskusi ini sangat bermanfaat karena menghadirkan motivator yang bisa memotivasi peserta”, ucap Nadir Amir yang merupakan Presiden BEM dari Politeknik Informatika Nasional Makassar.

Dr. Anton Muhibuddin, SP, MP, sedang memberikan materi kepada peserta dalam acara FGD.

Dr. Anton Muhibuddin, SP, MP, sedang memberikan materi kepada peserta dalam acara FGD.

Hal tersebut juga selaras dengan pendapat yang diutarakan salah seorang peserta yakni “FGD dapat membuka pemikiran atau open minded peserta diskusi yang identik dengan Politeknik sehingga tidak hanya belajar teknik saja, tetapi juga dapat belajar memanfaatkan kekayaan alam”, tutur Al Fahrul Rizaldi yang merupakan Kepala Departemen Keminfo (Kementrian Informasi) BEM Politeknik Negeri Jakarta. “Manfaat mengikuti diskusi ini agar kedepannya lebih interaktif tidak hanya materi lalu tanya jawab tetapi lebih cenderung ke diskusi yang lebih komunikatif”, imbuhnya. (Novella Ayu Oktaviani dan Wibby Bernaldi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s