EEPROM Polinema Berjaya di Turnamen E-TIME 2015


Sabtu (28/03) suara gaungan dinamo dan mesin elektronik terdengar di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Hari penting bagi pecinta robotika diseluruh Indonesia. Turnamen robotika bertaraf nasional yang dinamakan E-TIME 2015 ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro PNJ. Ratusan peserta dan penonton memadati tempat yang berlokasi di sektor Universitas Indonesia, Depok.

Komunitas robotika Polinema bernama EEPROM Polinema kembali mengikuti ajang bergengsi ini dengan berbekal enam tim untuk divisi Line Follower Robotic (LFR), dan tiga tim untuk divisi Program Logic Controller (PLC). Ir. Totok Winarno dan salah satu dosen dari Teknik Mesin menjadi pembimbing dalam turnamen ini. Tim ini berangkat dari stasiun kota baru pada 26 Maret 2015 dan sampai di PNJ pada 27 Maret 2015.

Tepatnya hari Jum’at (27/03), turnamen PLC diadakan melalui soal-soal yang diberikan oleh dewan juri. Turnamen divisi PLC mendapatkan lima tim yang masuk ke babak selanjutnya, tim yang terdiri dari Universitas Brawijaya (UB), Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (Polman Bandung), Universitas Kristem Maranatha, Akademi Teknik Mesin Industri Cikarang (ATMI Cikarang) dan Politeknik Negeri Malang.

Ratusan peserta dan penonton antusias menyaksikan turnamen E-TIME 2015

Ratusan peserta dan penonton antusias menyaksikan turnamen E-TIME 2015

Sedangkan untuk turnamen LFR dilaksanakan hari Jumat (27/03) pada pukul 08.00 WIB. Pertandingan LFR dilangsungkan di gedung Gymnasium PNJ. Peserta turnamen E-TIME 2015 ini mencapai 48 tim. Pada hari pertama (Jum’at) diadakan satu kali babak penyisihan yang dinilai dari Point system. Peserta yang menjangkau check point terbanyak mempunyai peluang besar lolos ke babak selanjutnya. Babak ini berakhir setelah terdapat 32 tim yang lolos maju ke babak penyisihan kedua yang diselenggarakan pada hari kedua.

Hari kedua (Sabtu) digelar final divisi PLC, babak penyisihan kedua sekaligus Final dari divisi LFR. Tim PLC dari Polinema bernama “Kinyis-Kinyis” berhasil menduduki peringkat dua setelah kalah melawan tim ELCOBRA dari Brawijaya. Sedangkan pada turnamen divisi LFR pada babak penyisihan kedua ini dilaksanakan dengan sistem Knock Out, para joki (driver line Follower) harus berhadapan satu lawan satu dalam memacu robot mereka menuju finish tanpa memperdulikan check point yang didapatnya.

Pada semifinal LFR, EEPROM Polinema yang bernama PRC_IYKWIM dan PRC_Juggernaut menduduki peringkat dua dan tiga. Sedangkan peringkat satu diraih oleh tuan rumah PNJ yang bernama DPTR_EVO_X.

Pemenang turnamen E-TIME 2015 di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

Pemenang turnamen E-TIME 2015 di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

“Turnamennya seru dan menantang, terus kita juga banyak belajar tentang arti kekompakan di turnamen ini,” ujar Rachmad Nur Prasetya selaku ketua pelaksana dari EEPROM Polinema. Hal yang sama juga dirasakan oleh Gilang Al Azhar salah satu tim dari EEPROM Polinema yang mengungkapkan “tapi yang mungkin yang perlu digaris bawahi dari dewan jurinya, soalnya saya lihat banyak dikomplain karena keputusannya kurang tepat, terus untuk panitianya bagus tapi masih perlu banyak evaluasi dan pembenahan, soalnya perlengkapan lomba kurang bagus,” sanggahnya.

Dalam kemenangan kali ini, tim EEPROM pun turut bangga atas kontribusi yang diberikan oleh instansi Polinema untuk pemberangkatan. “Biaya akomodasi tiket kereta dan perlengkapan hidup di sana, kami dapat kontribusi yang cukup dari Polinema” sanjung mereka. (Fiqih Ibad)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s