MANDAPO Menjuarai Civil Creative Competition


Minggu (11/01), Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS) menyelenggarakan lomba majalah dinding 3D tingkat nasional yaitu Civil Creative Competition (CCC), yang diikuti oleh peserta tingkat SMA/SMK sederajat. Lomba tersebut bertempat di Graha Theater Polinema. Tema yang diambil dalam lomba itu adalah Mading Kreatif Cerminan Konstruksi Nusantara. Lomba ini adalah salah satu serangkaian acara dari Student Day of Civil Engineering.

12 peserta lomba CCC yang berasal dari tingkat regional Jawa Timur sedang mengambil nomor urut peserta (11/01).

12 peserta lomba CCC yang berasal dari tingkat regional Jawa Timur sedang mengambil nomor urut peserta (11/01).

Pelaksanaan lomba tersebut dilakukan dalam serangkaian acara dimulai  dengan pemotongan pita oleh Sekretaris Jurusan Teknik Sipil Bapak Marjono, ST., MT  yang merupakan pembuka acara ini. Kemudian perakitan mading oleh para peserta lomba dilanjutkan dengan presentasi mading oleh peserta, penjurian mading, hingga pengumuman pemenang lomba.

CCC merupakan salah satu program kerja HMS yang pertama kali dilaksanakan . “Supaya generasi muda melestarikan budaya Indonesia dalam pasar bebas 2015,” tutur Naufal selaku ketua pelaksana Student Day of Civil Engineering saat menjelaskan diambilnya tema untuk acara tahun ini. Kendala dari lomba tersebut adalah publikasi lomba yang masih kurang. “Meskipun lomba ini  tingkat nasional, akan tetapi pesertanya masih regional Jawa Timur,” ujar Drs. Armin Naibaho, S.T., M.T. selaku Dosen Pembina Kemahasiswaan HMS (DPK HMS). Meski terbentur kendala tersebut,  beliau cukup puas karena target peserta lomba yang awalnya hanya delapan peserta, kenyataannya mencapai 12 peserta.

Terlihat peserta sedang merakit mading 3D dalam lomba CCC di Graha Theater (11/01).

Terlihat peserta sedang merakit mading 3D dalam lomba CCC di Graha Theater (11/01).

Juri perlombaan kali ini yaitu Marjono, ST. MT., Ir. Abdul Djerni, MT., dan Fauziah Shahanti, C. S. M., ST., MT.  Kriteria penilaian dalam lomba kali ini meliputi kesesuaian isi dengan tema, originalitas dan kreativitas, kerapian dan keindahan, konten dan bahasa saat presentasi, dan penguasaan konsep mading dalam presentasi. MAN 2 Ponorogo keluar sebagai juara pertama dengan karya “Doraemon Bridge BBM Bang”. Disusul dengan juara kedua SMKN 1 Singosari. Dan juara ketiga diraih SMA 3 Jombang.

Mulai dari penonton, peserta, pembimbing peserta hingga DPK HMS memberi tanggapan yang baik untuk acara tersebut. “Acara ini bagus, karena dapat menggali kreativitas generasi muda,” kata Bapak Hiananta selaku pembimbing peserta lomba dari SMK PGRI 03 Malang. ”Acaranya bagus, tahun depan lebih ditingkatkan,” pendapat Imam Huda salah satu peserta lomba CCC. (Wibby Bernaldi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s