Lomba Robotik Polinema Ajang Kreativitas Anak Bangsa


Sabtu (10/01) Himpunan Mahasiswa Eletro (HME) Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan acara tahunan yaitu National Line Follower Robot Competition. Acara yang berlangsung di Aula Pertamina Polinema  mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB berlangsung selama dua hari. Hari sabtu (10/01) merupakan babak kualifikasi sedangkan hari minggu (11/01) merupakan babak semi final dan pengumuman pemenang.

Sebanyak 120 tim yang terdiri dari mahasiswa dan siswa SMA/SMK se-Jawa Bali turut berpartisipasi meramaikan kompetisi.  Peserta dalam acara ini memperebutkan empat kategori, diantaranya best design, juara robot  Analog,  juara robot  Mikro, dan  juara  Line Follower pemadam api .

Salah satu robot Line Follower pemadam api yang siap bertanding dalam National Line  Follower Robot Competition di Aula Pertamina Polinema(10/01)

Salah satu robot Line Follower pemadam api yang siap bertanding dalam National Line Follower Robot Competition di Aula Pertamina Polinema (10/01).

Kriteria penilaian untuk kategori robot Analog dan robot Mikro hampir sama yaitu berdasarkan waktu tercepat mencapai garis finish, namun robot Analog hanya diperbolehkan menggunakan sensor yang tidak lebih dari delapan buah, sedangkan untuk robot Mikro jumlah sensor yang digunakan tidak dibatasi dan lebih ditonjolkan pada pemrogramannya. Di kategori robot Line Follower pemadam api, robot diwajibkan untuk mematikan api pada  lilin pertama dan terakhir dari empat buah lilin yang disediakan pada lintasan dengan batas waktu yang ditentukan. Untuk tim jurinya sendiri terdiri dari dosen pembina dan tim robotik Polinema.

Hadiah yang diberikan pun beragam, mulai dari uang tunai, Voucher Mc Donald, Voucher Eco Green Park, Goodie bag Pocari Sweat, dan Goodie bag BizNet. Selain itu untuk pemenang tingkat SMA/SMK sederajat mendapatkan peluang untuk masuk Politeknik Negeri Malang secara langsung tanpa tes, atas persetujuan dari Direktur Polinema, Ir. Tundung Subali Patma, MT. Lebih khusunya pemenang lomba untuk kategori robot Analog akan mendapat piala dari Jurusan Teknik Elektro Polinema, untuk kategori robot Mikro akan mendapat piala dari Direktur Polinema, dan untuk kategori robot Line Follower pemadam api akan mendapat piala dari Dispora (Dinas Pendidikan dan Olahraga) Kota Malang.

Penyalaan lilin oleh wasit untuk persiapan pertandingan robot Line Follower pemadam api di Aula Pertamina Polinema (11/01).

Penyalaan lilin oleh wasit untuk persiapan pertandingan robot Line Follower pemadam api di Aula Pertamina Polinema (11/01).

Untuk juara kategori Best Design Analog diraih oleh tim Stavochema 108 dari SMKN8 Malang, kategori Best Design Mikro diraih oleh tim Panzer Awan 001 dari Universitas Muhammadiyah Malang, kategori Best Design Line Follower pemadam api diraih oleh tim PRC Necrophos dari Polinema, kategori robot Analog dimenangkan oleh tim Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad dari YPK 4 Sidoarjo, kategori robot Mikro dimenangkan oleh tim RR12 dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan untuk kategori Line Follower pemadam api dimenangkan oleh tim Kinyis-kinyis dari Polinema.

 “Dengan Tema “War of Line Follower” ini diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa dan pelajar untuk menyalurkan bakat dan hobi khususnya di bidang robotik, “ jelas M. Bilda Kusuma, selaku ketua pelaksana lomba robotik Polinema 2015.

“Sekedar saran saja dari kami, untuk waktu penyelenggaraan kompetisi hendaknya tidak bersamaan dengan bulan-bulan kegiatan UAS, karena peminat perlombaan robotik ini lumayan banyak, jadi sayang kalau pesertanya sedikit,” tutur Dwi Setyabudi, peserta dari Universitas Gajah Mada. (Fiqi Amalia dan Ninatul Hazanah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s