LKTI: Sarana Penampung Aspirasi Karya Anak Bangsa dalam Pengembangan Teknologi Ramah Lingkungan


Senin (16/11), Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Teknologi (LKTI) untuk SMA/SMK/MA se-Jawa. Acara yang berlangsung di Aula Pertamina Polinema ini dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Tujuan pelaksanaannya yaitu guna menampung aspirasi siswa-siswi dengan tema “Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan dengan Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Daerah Sekitar”.

Suasana berlangsungnya LKTI Se-Jawa di Aula Pertamina Polinema (16/11).

Suasana berlangsungnya LKTI Se-Jawa di Aula Pertamina Polinema (16/11).

Sebanyak 46 peserta dari seluruh SMA/SMK/MA se-Jawa telah mengirimkan proposal dan menghasilkan 10 proposal yang lolos penjurian tahap pertama. Kriteria penilaiannya adalah kesesuaian dengan tema, isi, dan cara penulisan. Penjurian terakhir yaitu presentasi dihadapan tiga juri dari Polinema yaitu Ibu Mila (Dosen Jurusan Teknik Elektro), Ibu Profi (Dosen Jurusan Teknik Kimia), dan Ibu Rusti (Administrasi Niaga).

Cara presentasi, kekompakan tim, dan cara menjawab pertanyaan adalah kriteria penilaiannya. “Alhamdulillah murid saya lancar saat mempresentasikan karya yang mereka buat dengan kerja keras,” tutur Ibu Nikmatul Khoiriah selaku guru pembimbing dari salah satu peserta LKTI. “Itu juga berkat berbagai lomba yang telah mereka ikuti sebelumnya,” imbuh beliau.

Ketiga pemenang LKTI SMA/SMK/MA Se-Jawa foto bersama tim juri di Aula Pertamina Polinema (16/11).

Ketiga pemenang LKTI SMA/SMK/MA Se-Jawa foto bersama tim juri di Aula Pertamina Polinema (16/11).

Berikut daftar ketiga pemenang LKTI 2014: 1. MAN 1 Tulungagung dengan karya yang berjudul “Abu Boiler dan Blotong sebagai Genteng Material Bahan Bangunan Alternatif Ramah Lingkungan” 2. SMAN 1 Tambun Selatan Bekasi denga karya yang berjudul “Pembuatan Nata De Baskin dari Limbah Kulit Pisang (Musa Paradisiara) dengan ekstrak kacang hijau sebagai Sumber Nitrogen Guna Memenuhi Kebutuhan Serat dalam Tubuh” 3. SMAN 2 Jombang dengan Karya yang berjudul “Sistem Pembuatan Gigi Palsu dengan Substansi Tambahan Serbuk Tulang Sapi” “Saya harap acara ini dapat diselenggarakan tiap tahun agar aspirasi pemuda bangsa lebih banyak lagi, ” harap Gilang Nur Rahmadi selaku Ketua pelaksana acara ini. “Dapat lebih mengenalkan Polinema di dunia pendidikan Indonesia juga, ” sambungnya. (Hendri Setya Budi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s