Kaitkan Kepemimpinan, UKM MENWA Polinema Wujudkan Peran Pemuda Mandiri


Minggu (09/11) Politeknik Negeri Malang (Polinema) bersama UKM Resimen Mahasiswa (UKM MENWA) mengadakan Seminar Mahakarya di Aula Pertamina Polinema. Seminar yang bertemakan “Peran Pemuda dalam Mewujudkan Indonesia Mandiri dengan Kepemimpinan dan Kewirausahaan” ini  dimulai pukul 08.30 WIB.

Seminar ini diikuti oleh 185 peserta dari 282 peserta yang terdaftar, dan dikhususkan untuk seluruh mahasiswa Polinema, dimana kebanyakan dari peserta adalah mahasiswa tingkat satu. Agenda tahunan tersebut dilaksanakan oleh UKM MENWA yang bekerjasama dengan Rindam Brawijaya V Malang. “Kerjasama dari Rindam ini dapat terikat karena LDK D IV Polinema yang diagendakan di Dodikjur dibawah kepemimpinan komandan Rindam sendiri,” ungkap Anugerah Fajar selaku ketua pelaksana. Sedangkan tema yang diangkat  tersebut  diambil dari kepribadian UKM MENWA yang merupakan binaan dari militer.

Saat Widjanarko, S.H menjelaskan tentang kaitan kewirausahaan dengan peran pemuda dalam mewujudkan Indonesia mandiri di Aula Pertamina Polinema Minggu lalu (09/11).

Saat Widjanarko, S.H. menjelaskan tentang kaitan kewirausahaan dengan peran pemuda dalam mewujudkan Indonesia mandiri di Aula Pertamina Polinema Minggu lalu (09/11).

Seminar Mahakarya ini berisikan materi-materi mengenai tema “Kepemimpinan dan Kewirausahaan”. Materi pertama adalah materi mengenai enterpreneurship atau Jiwa Kewirausahaan yang disampaikan oleh Widjanarko, S.H. Diantaranya meliputi sifat-sifat dan sikap enterpreneurship. “Berpikir sebelum orang lain berpikir, bertindak sebelum orang lain bertindak,” jelas pemateri pertama tersebut. Sedangkan untuk pemateri kedua adalah materi Kepemimpinan yang secara langsung dijelaskan oleh Komandan Rindam V Brawijaya, Kolonel Inf. Agus YR. Agustinus, S.H. dimana membahas tentang sikap-sikap dan jiwa kepemimpinan dari contoh presiden-presiden yang terdahulu hingga sekarang. Beliau mengatakan bahwa kepemimpinan adalah kunci dari organisasi, “kepemimpinan itu faktor penting dalam sebuah organisasi, karena peran keberhasilan ada pada seorang pemimpin,” sambung komandan kelahiran Salatiga tersebut.

Komandan Satuan UKM MENWA Polinema sedang memberikan kenang-kenangan kepada Kolonel Inf. Agus YR. Agustinus, S.H. diakhir acara Minggu lalu (09/11).

Komandan Satuan UKM MENWA Polinema sedang memberikan kenang-kenangan kepada Kolonel Inf. Agus YR. Agustinus, S.H. diakhir acara Minggu lalu (09/11).

Untuk selingan pada seminar mahakarya ini, UKM MENWA menyuguhkan hiburan melalui kerjasama dengan pihak UKM Seni Theatrisic dengan menampilkan tarian bernama “Gerandum” yang berasal dari Madura. Tarian yang diiringi dengan music tradisional ini dibawakan oleh grup tari bernama Nein Forst Crew yang berjumlah dua orang penari. Semoga seminar mahakarya ini bisa menambah pengetahuan mahasiswa serta mampu menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupannya. (Fiqhi Ibad dan Eka Zulfa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s