Meningkatkan Kemampuan Teknologi melalui Seminar Nasional


Selasa (25/10) UKM Pendidikan dan Penalaran (UKM PP) telah menyelenggarakan Education and Techno Fair (ETF) di Aula Pertamina Politeknik Negeri Malang. Kegiatan tahunan ini mengangkat tema “Giving A New Perspective in UPnP Technology and Education Aboard” dengan pemateri Bapak Onno Widodo Purbo seorang pakar IT Indonesia, peraih gelar Ph.D di Waterloo University, Kanada.

Suasana Aula Pertamina Polinema saat Seminar Education and Techno Fair (25/10).

Suasana Aula Pertamina Polinema saat Seminar Education and Techno Fair (25/10).

“Kami mengambil tema tersebut karena Universal Plug and Play (UPnP) akan banyak digunakan seiring berkembangnya teknologi saat ini,” tegas Dea selaku sekretaris pelaksana acara. Bapak Onno sebagai pemateri seminar menjelaskan bahwa tema kali ini cukup ringan, namun masih banyak yang belum mengerti tentang UPnP. UPnP adalah cara menggantikan vcd player dengan server dan dapat menggunakan streaming secara online dengan jaringan lokal.

“Kami mengadakan acara study expo dari enam universitas luar negeri untuk edukasinya yang memperkenalkan profil dan beasiswa disana,” jelas Dea, mahasiswa Teknik Informatika tingkat dua ini. “Sedangkan techno fair-nya, kami mengadakan seminar teknologi nasional,” imbuhnya. UKM PP mampu bekerja sama dengan salah satu lembaga konsultan beasiswa luar negeri, yaitu EDlink+Connex sehingga dapat melaksanakan study expo luar negeri.

BapakOnno W. Purbo (kanan) sedangmenyampaikanmateritentang UPnP (25/10)

Bapak Onno W. Purbo (kanan) sedang menyampaikan materi tentang UPnP (25/10)

“Teknologi yang kita punya sebenarnya sudah canggih, tapi masih belum banyak yang tahu kehebatan teknologinya,” ungkap Bapak Onno yang mengaku pecinta Linux ini. “Saya berharap mahasiswa mau menggali kecanggihan dari teknologi yang sudah ada,” imbuh Bapak Onno dalam harapannya.

“Kalau belajar apapun, kita harus bisa jadi Produsen, jangan hanya jadi Konsumen,” pungkas Bapak Onno Widodo Purbo menutup kajian ilmu siang itu. (Ersa Rahmawati Aurollah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s