KARYA POLINEMA: ELECTRIC CAR TUNAS II


Politeknik Negeri Malang kembali mempersembahkan inovasi baru melalui Jurusan Teknik Mesin. Mobil listrik generasi kedua berhasil dikembangkan oleh tim yang beranggotakan 13 orang, yaitu Tri Oktaviyanto selaku ketua tim kemudian anggotanya Agung Ramadhan, Dedik Setyawan, Haris Aditya Putra, Hudan Sandi Utama, Ibnu Zaqi Firdaus, Johan Adi Padma, Riko Wahyu Darusman, Rio Rindra Permana, Riza Septian Putra, Robin Janitra Lesmana, Satriya Bariya Perdana Putra, dan Syahab Alamsyah.

Direktur Polinema, Ir. Tundung Subali Patma, MT sedang melakukan pemotongan pita sebagai tanda peresmian mobil listrik Tunas II pada saat Expo Kelembagaan (04/09).

Direktur Polinema, Ir. Tundung Subali Patma, MT sedang melakukan pemotongan pita sebagai tanda peresmian mobil listrik Tunas II pada saat Expo Kelembagaan (04/09).

Proses pembuatan mobil listrik ini dilakukan kurang lebih dalam waktu satu tahun. Mulai dari perencanaan, perancangan, penyewaan, dan pembelian alat hingga perakitan mobil.

Semua proses tersebut menghabiskan biaya sebesar 110 juta rupiah. Dana ini mendapat bantuan dari DIPA dan dana mandiri. Rencananya, mobil ini akan digunakan sebagai mobil dinas Polinema atau dijadikan produk awal Polinema yang dipasarkan di dunia otomotif.

Mobil Listrik yang diresmikan saat Expo Kelembagaan pada 4 September 2014 lalu ini diberi nama Tunas II (Tuntutan Nasional II) yang merupakan kelanjutan dari mobil listrik sebelumnya yang diberi nama Tunas I. Perbedaan antara Tunas I dan Tunas II adalah pada penambahan fitur-fitur barunya. Tunas I masih menggunakan mesin dan fitur yang masih sederhana. Sedangkan Tunas II, mesin dan fitur elektronik mobilnya lebih canggih dengan desain mobil yang nampak lebih mewah.

Tim mobil listrik Tunas II, dosen pembimbing dan direktur Polinema berfoto bersama (04/09).

Tim mobil listrik Tunas II, dosen pembimbing dan direktur Polinema berfoto bersama (04/09).

Adapun fitur-fitur canggih yang disediakan oleh mobil ini:

  1. Automatic Lockdoor via Bluetooth: Yaitu pintu otomatis yang pengaplikasiannya dengan menggunakan ponsel android sebagai driver pengendali pintu open/close.
  2. Automatic Wiper: Yaitu Wiper automatic menggunakan sensor
  3. Early Brake: Yaitu program yang bertujuan untuk membantu pengereman dengan menggunakan sensor jarak sebagai pemberitahu akan adanya halangan atau kendaraan dalam jarak yang sudah dikalibrasikan.
  4. Regenerative Brake: Yaitu untuk memperlambat mobil listrik (menyimpan pengereman) dan memindahkan energy kembali ke battery dengan memanfaatkan motor untuk bekerja sebagai generator.
  5. Regenerative Suspension: Yaitu memanfaatkan daya oskilasi suspensi sebagai sumber untuk pengisian baterai.
  6. Leveling Lamp: Pengaturan lampu kepala secara elektrik tanpa penyetelan manual sesuai kebutuhan pengemudi.
  7. Regulator kecepatan motor yang lebih efisien: Pengaturan kecepatan motor listrik yang lebih efesien dan konsumsi energi main driver regulator yang lebih sedikit dengan output energi yang lebih baik.

Mobil yang dirancang muat untuk empat orang ini harus di-charge selama empat jam (kapasitas battery dengan tegangan 48V 200AH) untuk penggunaan selama kurang lebih delapan jam perjalanan. Uji coba dilakukan dari Kampus I Polinema ke Mall Olympic Garden (MOG) memakai dua baterai dengan kecepatan 80 km/jam dan dengan penumpang dua, termasuk sopir.

“Kami berharap untuk kedepannya pembuatan mobil listrik Polinema sudah mempunyai tim riset dari dosen dan mahasiswa sehingga mempermudah dalam pelaksanaan pembuatan mobil listrik, dan kalau bisa teknologi harus dikembangkan lebih baik lagi,” ujar Tri Oktaviyanto, mahasiswa semester delapan D IV Teknik Ototronik ini. “Lebih baik lagi jika Polinema dapat memberikan fasilitas yang lebih baik (bagi pengembangan) ke depannya,” sambungnya. (Qoriatu Toyyibatul Jannah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s