JOB FAIR POLINEMA: KEMBANGKAN PROSPEK KERJA


Pencari kerja tidak perlu bersusah payah dalam mencari perusahaan untuk melakukan wawancara, karena perusahaan tersebut akan hadir langsung ke Polinema. Rabu (17/09) Polinema kembali menghadirkan acara bertajuk “JOB FAIR POLINEMA CAREER EXPO 2014” yang diadakan di Aula Pertamina Polinema. Acara ini berlangsung selama dua hari, 17-18 September dengan usaha media pelayanan pencarian kerja JPC (Job Placement Center) Polinema dan Media Kreasi Production.

Pencari kerja dari berbagai penjuru menunggu panggilan interview di depan Aula Pertamina Polinema (17/09).

Pencari kerja dari berbagai penjuru menunggu panggilan interview di depan Aula Pertamina Polinema (17/09).

Terhitung 25 perusahaan ternama dan berskala internasional yang ikut berpartisipasi dalam acara ini seperti Pama, UBS, Frisian Flag, AGC Group, Bina Pertiwi, Cargill, PT. Ciputra Surya, ATI, OT, Metrodata, SPIL, Phapros, BNI, ACC, Bank Btpn, OTO Kredit Motor, BPF, Bestprofit Futures, BoxKerja.com, WWF, Alfamart, Otto Pharmaceutical, MPM Finance, dan sebagainya.
Ketentuan yang diberikan dalam job fair ini sangat mudah. Selain terbuka untuk seluruh tingkat SMA, SMK Sederajat hingga pasca sarjana (S2), para pencari kerja hanya perlu membawa surat lamaran kerja dan memilih stan perusahaan mana yang ingin dituju.
“Kalau job fair ini kita hanya perlu mempersiapkan Surat lamaran, CV, Fotokopi Transkrip nilai, Ijazah, dan foto 3×4,” ungkap Ridlo Syahwicaksono, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Pelamar asal Magetan tersebut mengungkapkan bahwa proses yang dilakukan job fair ini sama dengan proses wawancara kerja di kantor aslinya, “Sebelum wawancara aslinya kita harus survei dulu dan nunggu panggilan, nanti kalau sudah mendapat panggilan kita baru cari-cari referensi buat interview,” sambungnya.

Salah satu pelamar sedang melakukan wawancara kerja di OTTO Pharmaceutical Industries (17/09).

Salah satu pelamar sedang melakukan wawancara kerja di OTTO Pharmaceutical Industries (17/09).

Perusahaan yang berpartisipasi dalam job fair Polinema tahun ini kebanyakan menerima para pencari kerja dari semua jurusan, walaupun mereka hanya membuka satu lowongan. “Kita membuka rekruitmen untuk all major. Syaratnya juga mudah, pokoknya komunikatif dan mencintai alam,” ujar Yudhistira, salah satu Venue Officer di perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan dan hewan, WWF (World Wide Fund for Nature). ”Lumayan yang daftar lebih dari 100 orang,” sambungnya. Perusahaan ini memiliki motto dan harapan untuk mengimbau masyarakat agar memanfaatkan kertas dengan sebaik-baiknya dan meminimalisir penebangan pohon.
Ketentuan tersebut juga diterapkan oleh PT. Otto Pharmeceutical Industries. “Kita menerima minimal jurusan SMA dan semua jurusan. Persyaratannya cukup mudah, yang penting punya motor, SIM C, komunikatif dan mampu berelasi dengan dokter,” jelas Nurelya Karmeli, salah satu pegawai bagian rekruitmen dan trainer perusahaan tersebut.
“Kalau untuk job fair aslinya biasa-biasa saja, kalau bisa untuk kedepannya lagi perlu diperbanyak perusahaan yang berpeluang besar dan kalau bisa tidak ada biaya masuk”, saran Ridlo Syahwicaksono, pencari kerja dari Hukum Brawijaya tersebut.
Job Fair Polinema lebih bagus daripada di tempat lain. Harapan saya, jika ada acara seperti ini lagi langganannya dapat sesuatu dari penyelenggara,” harapan Yudhistira dari WWF.
Job Fair Polinema ini keren dan wah banget, soalnya saya berasal dari Malang dan ketika kembali ke Malang, senang bisa lihat banyak perubahan disini,” tambah Nurelya Karmeli, dari perusahaan Otto Pharmaceutical Industries. (Fiqhi dan Vicar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s