SEPUTAR KAMPUS: POLINEMA JADI TUAN RUMAH MUNAS APMPI 2014


Aliansi Pers Mahasisa Politeknik se-Indoneia (APMPI) merupakan organisasi yang terdiri dari beberapa Lembaga Pers Mahasiswa Politeknik se-Indonesia. Setiap tahunnya, APMPI mengadakan musyawarah nasional (munas) dan pelatihan nasional (pelatnas). Tahun 2014 ini Politeknik Negeri Malang diamanahi menjadi tuan rumah APMPI. Kegiatan berlangsung sejak tanggal 6 – 11 September 2014 dan dihadiri oleh 41 delegasi dari 18 politeknik.

Hari pertama (06/09) dilakukan penjemputan peserta mulai dari Terminal Arjosari dan Landungsari, Stasiun Kota Baru, hingga Bandara Juanda. Semua peserta dibawa ke penginapan. Agenda pertama adalah perkenalan dan ramah tamah.

Hari kedua (07/09) adalah pembukaan acara secara resmi bertempat di Aula Pertamina Politeknik Negeri Malang. Acara dimulai pukul 09.30 WIB. Diawali dengan penampilan tari tradisional dari UKM SENI Theatrisic. Selanjutnya acara dibuka oleh Drs. Sidik Ismanu, MSi selaku Pembantu Direktur III bidang kemahasiswaan. Lagu totalitas perjuangan menjadi iringan pembukaan ini. Acara selanjutnya adalah perkenalan kampus Politeknik Negeri Malang. Setelah itu, moving ke Wisma Nala, Batu untuk melanjutkan berbagai agenda yang sudah disiapkan selama lima hari di wisma.

Rapat pleno APMPI oleh seluruh peserta Munas APMPI 2014 (08/09).

Rapat pleno APMPI oleh seluruh peserta Munas APMPI 2014 (08/09).

Agenda inti, Sidang pleno yang berlangsung di hari Minggu dan Senin membahas laporan pertanggungjawaban pengurus tahun lalu, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta pemilihan Pimpinan Umum APMPI periode 2014/2015. M. Diyan Saifuddin dari Politeknik Negeri Madiun terpilih menjadi Pimpinan Umum saat ini.

Hari keempat (09/09) adalah Study Excursie ke Jawa Pos dan Harian Surya, Surabaya. Tepat pukul 13.00 WIB, peserta memasuki kantor Redaksi Jawa Pos dan mendapat materi tentang sejarah Jawa Pos dan materi dari kolom Deteksi. Disana peserta juga diajak berkeliling melihat wartawan Jawa Pos yang sedang bekerja. Pukul 15.00 WIB peserta bergerak menuju Harian Surya untuk melihat proses percetakan secara langsung.

Peserta Munas APMPI 2014 sedang mendengarkan penjelasan dari pemateri jawa pos (09/09).

Peserta Munas APMPI 2014 sedang mendengarkan penjelasan dari pemateri jawa pos (09/09).

Pelatihan nasional pun dilaksanakan pada hari kelima (10/09) oleh pemateri reportase dari Malang Post, fotografi jurnalistik dari Tempo, dan layout dari Dewan Kehormatan APMPI. Malam harinya, peserta melakukan kunjungan wisata menuju pusat oleh-oleh brawijaya dan Batu Night Spectacular (BNS). Sesampainya di penginapan peserta di berikan kesempatan untuk memutar video dan menonton film bersama.

Ketua pelaksana Munas APMPI menyerahkan cinderamata kepada Pimpinan Umum baru APMPI 2014 (11/09).

Ketua pelaksana Munas APMPI menyerahkan cinderamata kepada Pimpinan Umum baru APMPI 2014 (11/09).

Hari terakhir (11/09) adalah penutupan Munas dan Pelatnas APMPI 2014. Penutupan juga dilengkapi dengan pertukaran plakat dan oleh-oleh dari setiap politeknik yang diberikan kepada panitia munas dan pelatnas dari Politeknik Negeri Malang.

Semoga kepengurusan APMPI tahun 2014-2015 dapat mengemban tanggungjawabnya dengan baik dan menjalin silaturrahmi antar Politeknik se-Indonesia dengan baik pula. (Rosiana)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s