Safari Dakwah : Berbagi Berkah di Bulan Suci


Safari Dakwah adalah salah satu dari tiga program kerja UKM Rispol terbesar. Terdapat lima kegiatan inti didalamnya yaitu pembagian sembako, pengobatan gratis, renovasi masjid, pengajaran TPQ dan Tabligh Akbar.

Kegiatan ini berlangsung tanggal 14-20 Juli 2014 dan dilaksanakan di Desa Sidoluhur, Dusun Gunung Tumpuk Kecamatan Lawang. Selama satu minggu seluruh kader Rispol berbakti di desa yang mayoritas penduduk bersuku madura ini.

Pembukaan kegiatan Safari Dakwah adalah Hari Senin (14/07) bertempat di Balai Desa Sidoluhur oleh bapak kepala desa dan disaksikan oleh perangkat desa beserta perwakilan dari warga desa.

Hari kedua, Selasa (15/07) agendanya adalah pembagian sembako dan pakaian gratis kepada warga desa Sidoluhur, Krajan 1, Krajan 2 dan Blendongan yang kurang mampu.

Nampak suasana sibuk panitia dan petugas BSMI dalam pelaksanaan pengobatan gratis (16/07) lalu.

Nampak suasana sibuknya panitia dan petugas BSMI dalam pelaksanaan pengobatan gratis (16/07) lalu.

Selanjutnya di hari ketiga, Rabu (16/07) dilaksanakan pengobatan gratis. Biasanya, warga desa masih harus ke Singosari dulu untuk berobat, karena di daerah tersebut belum ada rumah sakit bahkan puskesmas.

UKM Rispol bekerja sama dengan dokter dari BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia). Sejak pagi warga sudah mengantri menunggu giliran untuk diperiksa oleh dokter dan mendapat obat gratis. Pengobatan gratis ini didominasi oleh warga yang sudah lanjut usia dan beberapa anak kecil.

Panitia sedang merenovasi Masjid Desa Sidoluhur (17/07).

Panitia sedang merenovasi Masjid Desa Sidoluhur (17/07).

Hari keempat, Kamis (17/07) saatnya kegiatan renovasi Masjid Desa Sidoluhur. Kegiatan renovasi Masjid dilakukan dengan membersihkan tempat dan peralatan Masjid. Selain itu, ada penambahan fasilitas Masjid berupa mukenah, Al-qu’ran, keset, bak sampah dan pengecetan.

Hari kelima, Jum’at (18/07) digelar lomba untuk tingkat SD sampai SMP. Pagi hari diadakan lomba Adzan dan Kaligrafi. Dilanjutkan pada sore harinya yaitu lomba Tartil, hafalan dan cerdas cermat. Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah diberikan pada malam Tabligh Akbar.

Riangnya tepuk tangan anak-anak Desa Sidoluhur di sela-sela kegiatan TPQ (18/07).

Riangnya tepuk tangan anak-anak Desa Sidoluhur di sela-sela kegiatan TPQ (18/07).

Persiapan acara Tabligh Akbar dilakukan sejak Sabtu (19/07) pagi hingga sore hari. Panitia putra mempersiapkan dekorasi panggung dan tempat acara. Sementara panitia putri memasak makanan dan kue untuk sajian Tabligh Akbar dibantu oleh warga sekitar.

Setelah melakukan buka puasa dan menjalankan Sholat Terawih bersama, acara Tabligh Akbar dimulai pukul 19.00-23.30 WIB. Warga sekitar berdatangan untuk mengikuti acara tersebut. Acara dibuka dengan pembacaan Basmalah, sambutan dari ketua pelaksana, ketua umum UKM Rispol, dan kepala desa Sidoluhur. Dilanjutkan dengan penampilan wayang oleh KH. Joko Samudro yang berjudul wayang Tadarus.

Terlihat sekali kekompakan anak-anak Desa Sidoluhur ini dalam Tabliq Akbar (19/07).

Terlihat sekali kekompakan anak-anak Desa Sidoluhur ini dalam Tabligh Akbar (19/07).

Puncak acaranya adalah Tauziyah dari Ustad Khoirul Anam yang berasal dari Madura dan pengarus Pondok Pesantren Manarul Huda.

Pada kesempatan itu, Ustad Khoirul Anam juga memberikan berita baik yaitu akan memberikan beasiswa kuliah di Politeknik Negeri Malang pada tahun 2015 dan bisa menimba ilmu di pondok pesantren Manarul Huda bagi dua anak desa Sidoluhur yang berprestasi.

“Saya berharap mahasiswa Polinema lebih sadar dan aktif untuk membantu kegiatan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu,” tutur Anang Mustaqim yang diamanahi sebagai ketua pelaksana kegiatan Safari Dakwah.

“Safari Dakwah membuat kita lebih kompak dalam berjuang menjalankan dakwah, terimakasih atas bantuan dan kebersamaan ini,” sambungnya. (Qoriatu Toyyibatul Jannah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s