Seputar Ramadhan : Peringatan Nuzulul Qur’an


Malam 17 Ramadhan tepatnya tanggal 14 Juli 2014 pukul 19.00 WIB, Pondok Pesantren Mahasiswa “Ashabul Kahfi” memperingati Nuzulul Qur’an yang diikuti oleh warga sekitar dan masyarakat umum.

Politeknik Negeri Malang (Polinema) ikut andil dalam peringatan ini. K.H Abdullah selaku pengasuh di Pondok Pesantren yang menyarankan pihak Polinema menjadi pengisi ceramah.

Pemberitahuan adanya acara adalah melalui banner dan sosial media facebook. Acara yang diselenggarakan untuk umum ini juga mengundang Ir. Tundung Subali Patma, MT selaku Direktur Polinema dan Drs. Halid Hasan, MstratHRM selaku Pembantu Direktur II yang tidak bisa hadir dikarenakan dinas ke Jakarta.

Setelah melaksanakan sholat isya’ berjama’ah, para jama’ah disuguhi kultum dari Ust. Nur Salam yang mewakili direktur Polinema. Ceramah bertemakan “Kebagahiaan Dunia Akhirat” menjadi pembahasan kajian islami di Masjid Pondok Pesantren tersebut. Para santri yang sebagian merupakan mahasiswa Polinema mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh khidmad.

(kiri ke kanan) K.H Abdullah, Ust. Nur Salam, dan Rifa'at saat perjamuan di Pondok Pesantren Mahasiswa Ashabul Kahfi (14/07).

(kiri ke kanan) K.H Abdullah, Ust. Nur Salam, dan Rifa’at saat perjamuan di Pondok Pesantren Mahasiswa Ashabul Kahfi (14/07).

Ustadz Nur Salam menyinggung perihal syarat masuk surga, yaitu meliputi Islam, bebas dari dosa, dan mengharapkan rahmat dari Allah SWT. “Rahmat Allah SWT bisa kita dapatkan salah satunya dari bersedekah,” ungkap beliau dalam ceramahnya.

“Harapan saya, semua orang selalu membaca Al-Qur’an. Jika awalnya tidak mau, paksalah karena dari keterpaksaan akan menjadi terbiasa dan menjadi sifat,” sambung Ustadz Nur yang merupakan Staf Direktur Ahli Kerjasama Luar Negeri ini.

Sebagai umat islam, tidak hanya membaca saja melainkan kita diharuskan untuk mengamalkan apa yang ada di dalam Al-Qur’an. Sehingga hidup kita lebih berkah dan bermanfa’at.

“Menjalin kerjasama antara Politeknik Negeri Malang dengan Pondok Pesantren Mahasiswa adalah tujuan dari acara ini,” jelas Rifa’at selaku ketua pelaksana acara Nuzulul Qur’an.

“Harapan saya, Mahasiswa Pondok Pesantren ini tidak fokus pada keagamaan saja, melainkan bisa bersaing di bidang akademik,” sambung Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika Polinema sekaligus santri pondok pesantren ini. (Datul dan Zakiya)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s