Seminar Informatika Hadirkan Keamanan Canggih


“Bagaimana cara mengirim pesan rahasia tanpa diketahaui oleh siapapun dan tanpa ada yang curiga?”

Ir. Tundung Subali Patma selaku Direktur Politeknik Negeri Malang membuka kuliah tamu dan seminar di aula pertamina (11/06) lalu.

Ir. Tundung Subali Patma selaku Direktur Politeknik Negeri Malang membuka kuliah tamu dan seminar di aula pertamina (11/06) lalu.

Berkembangnya teknologi informasi semakin pesat dari hari ke hari. Tidak menuntut kemungkinan semakin berkembang pula tingkat kejahatan yang muncul. Seperti halnya pencurian informasi yang dilakukan pada jaringan informasi, pelanggaran hak cipta dan lain sebagainya.

Disamping itu, Politeknik Negeri Malang mengadakan kuliah tamu tentang Steganografi dan Watermark, serta Seminar Pengenalan Microsoft Windows Server 2012. Acara ini diwajibkan untuk seluruh mahasiswa tingkat dua Prodi Teknik Informatika dan Manajemen Informatika. Kuliah tamu dan Seminar dilaksanakan di Aula Pertamina Politeknik Negeri Malang pada Hari Rabu (11/06) lalu. Acara dimulai pukul 08.00 hingga 11.45 WIB.

Ir. Dr. Rinaldi Munir, MT (dosen Institut Teknologi Bandung) menjelaskan bahwa steganografi sendiri adalah seni dan ilmu menulis pesan yang tersembunyi atau menyembunyikan pesan. Hanya pengirim dan penerimanya saja yang mengetahui adanya pesan rahasia. Kata steganografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu steganos yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein berarti “menulis”.

Ir. Dr. Rinaldi Munir, MT menjelaskan tentang steganografi dan watermark (11/06).

Ir. Dr. Rinaldi Munir, MT menjelaskan tentang steganografi dan watermark (11/06).

Bahkan pesan-pesan atau informasi tersebut juga bisa diselipkan dalam sebuah gambar, video atau audio. Inilah yang disebut dengan seni watermark. Watermark berfungsi untuk melindungi kepemilikan data multimedia sehingga tidak bisa digunakan secara ilegal. Berbeda dengan steganografi, informasi yang tersimpan di data multimedia adalah informasi yang berkaitan dengan kepemilikan data, misalanya hak copyright.

Tidak berhenti pada cara perlindungan tentang keamanan data multimedia, acara ini juga membahas tentang Microsoft Windows Server 2012. Microsoft Windows Server 2012 merupakan merk dagang untuk sistem operasi yang berbasis server. Kuliah tamu tentang Microsoft Windows Server 2012 diisi langsung oleh tim TRUST Surabaya.

Microsoft Windows Server 2012 digunakan juga untuk sistem keamanan data yang ada pada perusahaan atau instansi dan lembaga. Namun disisi lain masih membutuhkan antivirus untuk menangangi virus-virus yang tersebar di jaringannya.

Kemajuan teknologi yang pesat tidak pernah menunggu seseorang yang malas untuk bergerak maju mengikutinya. Oleh karena itu perluaslah wawasan pengetahuan, sehingga bisa mengetahui apa yang telah dan sedang terjadi dengan dunia ini. (Datul dan Sinta)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s