PERAN PENGEMBANGAN APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI DI AUTOMASI INDUSTRI DALAM SENTIA 2014


Sentia merupakan konferensi tahunan di bidang teknologi informasi dan aplikasi. Sentia keenam diselenggarakan pada 5 Juni 2014 di Politeknik Negeri Malang (Polinema). Konferensi ini membahas berbagai karya dalam pengembangan aplikasi teknologi informasi. Banyak temuan penelitian, konsep, dan ide-ide yang disajikan oleh para peneliti, akademisi, dan profesional dari berbagai institusi di negeri ini. “The Role of The Development of Applications of Information Technology in Industry Automation” menjadi tema Sentia tahun ini.

Image

Salah satu pemakalah mempresentasikan jurnalnya di ruang E-F1, Gedung AH (05/06).

Prof. Ming-Shyan Wang dari Southern Taiwan University of Science and Technology dan Muhammad Nurdin MBA-Tech dari Politeknik Manufaktur Bandung menjadi keynote speaker. Pembukaan dilaksanakan di Aula Pertamina Polinema pukul 07.30 WIB. Serangkaian acaranya dimulai dari pengenalan profil Polinema, seminar, tanya jawab, penutupan, hingga ramah tamah.

Acara yang dihadiri lebih dari 150 peserta ini dilanjutkan dengan presentasi atau sesi paralel dari pemakalah yang dilaksanakan di ruang-ruang Gedung AH Polinema. Di ruang A2C hadir tujuh pemakalah dari 10 yang seharusnya mempresentasikan makalahnya. Kesepuluh orang tersebut adalah yang telah lolos pada tahap seleksi yang diumumkan pada 10 Mei 2014 lalu. Secara keseluruhan, pemakalah yang lolos berjumlah 97.

“Saya tahu acara Sentia ini dari dosen dan baca di internet. Baru tahun ini saya ikut. Tadi seminarnya tentang BLDC Motor, bagus, hanya saja kurang tertarik sama motor, jadi untuk pengetahuan saja,” ungkap Rachmah Eka Putri, mahasiswi semester delapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

“Judul makalah saya adalah ‘Perencanaan dan Pemasangan Capasitor Bank dan Filter Pasif untuk Laboratorium Teknik Sistem Tenaga”. Tadi saat saya presentasi terkesan buru-buru masuk ruangannya, tapi durasinya tepat,” lanjutnya sebagai salah satu pemakalah Sentia 2014 ini.
Sesi paralel berakhir pukul 15.30 WIB dan dilanjut dengan penerimaan sertifikat didampingi bersantai ria pada sesi coffee break, Auditorium Gedung AH Polinema. Semoga adanya Sentia keenam ini dapat mengembangkan pengetahuan teknologi informasi para peneliti, akademisi, dan profesional dan mahasiswa pada khususnya. (Zakiyatun Nafsi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s