Festival Rakyat Wakatobi Meriahkan “Indonesia Youth Forum 2014”


Upacara pembukaan Indonesia Youth Forum 2014 dihelat tanggal 21 Mei 2014 di Pelabuhan Pangulubelo, Wangi-wangi. Menjelang pembukaan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF), sejumlah persiapan telah dilakukan secara maksimal bersama Pemda Kabupaten Wakatobi.

Tahun ini ISYF bermitra dengan Kabupaten Wakatobi untuk menjadi tuan rumah forum yang akan menghadirkan 300 orang pemuda terpilih dari seluruh Indonesia yang social project-nya telah terpilih melalui serangkaian proses seleksi.

Turut hadir pada saat upacara pembukaan yaitu, Kementrian Pemuda dan Olahraga diwakili oleh Bapak Eka Sukma Wijaya, Ir. Hugua selaku Bupati Wakatobi, dan sejumlah perwakilan sponsor beserta pendukung acara seperti Ford Foundation, Coca-cola Foundation & PT. Microsoft Indonesia.

Indonesia Youth Forum 2014 tahun ini sendiri mengambil tema “The Role of Youth : Action on Preserving Heritage and Marine Tourism Sutainability” hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta peran pemuda terhadap segala suatu hal yang berhubungan dengan keberlangsungan cagar alam dan pariwisata maritim.

14302784763_a313426c67_z

Bupati Wakatobi, Ir. Hugua, memberikan sambutan pada pembukaan Indonesia Youth Forum 2014 (22/5).

Sosok dibalik euphoria upacara pembukaan Indonesia Youth Forum 2014 ini adalah Bupati Wakatobi yaitu Ir. Hugua, Beliau hadir dan memberikan sambutan kepada seluruh Delegates dan Warga. “Membangun bangunan dengan uang begitu mudah, tetapi ketika kita menyediakan lahan untuk keluarga berkumpul, tanaman hijau dan seluruh komponen biota itu adalah hal yang jarang” ujar Hugua. Beliau menekankan pada sambutannya bahwa Ia mengharapkan bahwa Wakatobi dapat menjadi inspirasi awal dari pergerakkan
pemuda kedepannya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik kedepannya.

Pada hari kedua kegiatan ini mendatangkan beberapa sosok yang dinilai ahli untuk mengisi sejumlah sesi. Bertempat di Ballroom Patuno Resort, Wakatobi-Sulawesi Tenggara sejak pukul 08.00 hingga 22.00 WITA. Kegiatan dimulai dengan Masterclass pertama dari Microsoft Indonesia yang diwakili oleh External Affairs Manager yakni Esther K. Sianipar. Setelah itu dilanjutkan dengan Master Class kedua dari Coca-cola Foundation, Hastin Atas Asih.

Acara dilanjutkan dengan Master Class 3 yakni dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang diwakilkan oleh Esa Sukmawijaya. Berlanjut dengan sesi Meet the Leader bersama Jend (Purn). Luhut B. Panjaitan dan Bupati Wakatobi, Ir. Hugua. Dimana para pembicara membagi pengalaman serta motivasi kepada para peserta untuk menjadi para pemimpin masa depan.

Hari ketiga pelaksanaan Indonesia Youth Forum ini berlansung dengan lancar dengan rangkaian acara seperti breakfast meeting, focus group discussion, dan masterclass yang bertempat di Lia Bahari, Huma Lakapala, Anjungan Patuno, dan Wandoka dipilih sebagai tempat para peserta berbagi ilmu dan pengalaman dari social project mereka masing-masing.

14096822139_9e67673cff_z

Peserta Indonesia Youth Forum sedang menghibur adik-adik dalam sesi proyek sosial (23/5).

Social project bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata para pemuda terhadap daerah asal masing-masing peserta Indonesia Youth Forum yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Pendidikan, lingkungan, kesehatan, serta isu menarik lainnya seperti social-preuner banyak diangkat sebagai landasan para peserta untuk social project mereka. Sebelumnya, social project adalah salah satu syarat penting saat dilaksanakannya pendaftaran peserta Inonesia Youth Forum 2014 yang berumur 17-21 tahun.

Hari ketiga ditutup dengan sesi meet the leader yang menghadirkan presiden suku bajau bapak Abdul Manan untuk bertukar ide dan gagasan bagaimana menjaga kearifan lokal budaya masing-masing daerah dan wilayah sebagai modal genrasi muda untuk menghadapi dunia global.

Hari terakhir menghadirkan serangkaian kegiatan positif yang menandai kebangkitan karakter Pemuda Nusantara. Sejak pukul 08.00
pagi para peserta telah mengunjungi Kampung Bajo di Wangi-wangi dan melakukan kegiatan pembersihan lingkungan sembari berinteraksi dengan Masyarakat Bajo setempat.

Pasca berinteraksi langsung dengan Masyarakat, rangkaian dilanjutkan dengan Peletakkan Batu Pertama untuk pembangunan “Tugu Pemuda Biosfer Indonesia” yang dilaksanakan langsung oleh President Director ISYF, Dr. A. Fajar Kurniawan, M.Si, M.M. dan Ir. Hugua selaku Bupati Wakatobi. Selain itu tanda tangan para Pemuda yang menjadi bagian dari IYF 2014 akan membubuhi Tugu ini kedepannya, setelah itu secara langsung mereka menanam pohon di Desa Matohara yang dihibahkan oleh Raja Mandati, keturunan Kerajaan Buton. (redaksi IYF)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s