Sepotong Afrika di Pulau Jawa


Berapa tahun Anda hidup di Indonesia? Tahukah Anda bahwa Indonesia punya keindahan alam yang luar biasa? Baluran contohnya, sebuah taman nasional yang faktanya merupakan dataran savana terluas di Pulau Jawa. Oleh karena itu, tempat ini mendapat julukan “Africa Van Java”.

Sebuah pengalaman yang tak terlupakan, ketika Kompeners berkunjung ke taman nasional ini. Bagaimana tidak? Ketika kami baru memasuki kawasan, kami disambut fauna langka seperti rusa yang berlarian, monyet liar yang bergelantungan, dan burung yang berwarna-warni, bahkan ada pula satwa banteng.

Image

Cantiknya ayam hutan yang sedang berjalan mencari makanan.

Image

Lebatnya hutan di TN Baluran tak jarang membuat satwa liar menjadikannya sebagai tempat tinggal.

Image

Monyet liar berkeliaran di dalam Taman Nasional Baluran.

Dikutip dari indonesia.travel, terdapat pepohonan khas Baluran yang mirip pohon pinang dan berbuah sekali seumur hidup sebanyak satu ton untuk kemudian mati. Pohon pilang yang berbatang putih dan rimbun, bila Anda mengamatinya secara seksama maka mirip pohon di film “Avatar” serta pohon bekol yang rindang mirip beringin dengan nuansa magis.

Hanya dengan kurang dari Rp 10.000, tiket masuk sudah bisa Anda dapatkan. Kawasan ini banyak diminati pengunjung untuk melakukan penelitian, pengamatan satwa, hingga wisata bahari yang pantainya masih sangat bersih. Maklum, diperlukan waktu sekitar 40 menit perjalanan menggunakan mobil dari pintu masuk Taman Nasional Baluran untuk mencapai pantai yang bernama Bama ini.

Image

Sekelompok mahasiswa sedang melakukan penelitian di Pantai Bama.

Image

Rindangnya pohon bakau di tepi Pantai Bama dilihat dari sebuah dermaga.

Image

Dataran rendah di dalam kawasan Taman Nasional Baluran dilihat dari menara pantau.

Image

Gunung Baluran, salah satu gunung yang sudah tidak aktif lagi.

Image

Hamparan savana di dalam Taman Nasional Baluran.

Image

Tengkorak banteng yang digantung digunakan sebagai hiasan.

Image

Banyaknya tengkorak banteng yang digantung di dalam Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional ini terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sedikit tips yang dapat kami bagi jika Anda ingin melakukan traveling ke Baluran, yakni jangan berpakaian terlalu tebal karena suhu di tempat ini bisa mencapai 34oC di siang hari. Hal penting lain yang harus Anda siapkan adalah makanan kecil dan air mineral. Hal ini penting untuk disiapkan mengingat jarangnya penjual yang menawarkan dagangan di dalam kawasan taman nasional ini.

Sedikit kisah lucu yang dapat kami ceritakan, yaitu saat siang hari kami kehabisan air mineral dan sangat kehausan. Bersamaan dengan itu, ada seorang sopir bus minta tumpangan  ke tempat busnya diparkir. Karena merasa kehausan, ditengah perjalanan kami sedikit menyindir pak sopir bus yang intinya meminta air mineral. “Tenang, adik-adik. Di bus saya nanti ada air galon banyak kok”, bincang pak sopir bus tiba-tiba. Alhamdulilah, kami berhasil mendapatkan sebotol air mineral yang kemudian dibagi delapan orang.

Kompeners yang berlibur di TN Baluran (dari kiri ke kanan): Rafles Vicar, Dion Muh,Ahmad Zainurrohim, Irtafa Masruri, Tri Budi, Eka Zulfa, Zakiyatun Nafsi, Yulvan Chairil.

Kompeners yang berlibur di TN Baluran (dari kiri ke kanan): Rafles Vicar, Dion Muh,Ahmad Zainurrohim, Irtafa Masruri, Tri Budi, Eka Zulfa, Zakiyatun Nafsi, Yulvan Chairil.

Air sangat berharga di tempat ini, maklum sejauh mata memandang hanyalah hamparan savana berlatar belakang gunung Baluran yang dapat kami lihat. Sebuah pengalaman yang sangat berharga, menyadarkan kami bahwa Indonesia adalah negara dengan alam yang luar biasa. (Yulvan Chairil)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s