BERBAGI ILMU JURNALISTIK DI 14 TAHUNKU


Peta perjalanan LPM KOMPEN dalam merintis organisasi sudah menginjak umur remaja. Awal dirintis sejak tahun 2000, organisasi yang bergelut dengan tinta dan kertas ini mempunyai keunikan cerita di setiap periodenya. Ingin menyuguhkan hal yang bermanfaat dan mengembangkan pengetahuan, LPM KOMPEN periode 2014-2015 berbagi ilmu jurnalistik dengan siswa SMPN 1 Bululawang.

 

Dra. Ismi Sundari, Waka Kesiswaan SMPN 1 Bululawang menyambut hangat Pelatihan Jurnalistik dari LPM KOMPEN

Sambutan hangat dari Dra. Ismi Sundari, M.Si, Waka Kesiswaan SMPN 1 Bululawang dalam Pelatihan Jurnalistik oleh LPM KOMPEN kemarin Sabtu(12/04).

Sabtu, 12 April 2014 pukul 09.30 WIB acara yang bertemakan “Menjadi Kreatif dan Aktif dengan Jurnalistik” ini disambut hangat oleh Dra. Hj. Durotul Bahgiyah, M.Si selaku Kepala SMPN 1 Bululawang. Menyertakan tiga puluh siswa dari ekstra kurikuler Olimpiade Bahasa Indonesia dari SMPN 1 Bululawang, fungsionaris LPM KOMPEN sharing ilmu tentang jurnalistik, reportase, kepenulisan, dan fotografi jurnalistik. “Saya mohon adik-adik menjaga norma di sekolah ini. Semoga ilmu yang adik-adik bagikan bisa bermanfaat bagi anak-anak kami,” sambut Dra. Ismi Sundari, M.Si selaku Waka Kesiswaan.

 

Suasana seksama saat materi Fotografi Jurnalistik

Suasana seksama saat materi Fotografi Jurnalistik.

Pelatihan dasar jurnalistik ini dimaksudkan sebagai upaya perkenalan dan pembinaan kepada pelajar SMP tentang peran jurnalis dalam sekolah. Setiap selesai materi, selalu ada sesi tanya jawab dan kuis berhadiah. Ada juga ice breaking untuk penyegaran dan memotivasi siswa. Pada sesi ini para siswa membuat origami berbentuk pesawat. Pada sayap sebelah kanan, siswa menulis cita-cita yang ingin diraih, sedangkan tempat yang ingin dikunjungi ditulis pada sayap sebelah kiri. Bagian tengah ditulis ‘siapa orang yang bisa mewujudkan hal tersebut’. Setelah itu, secara bersamaan pesawat diterbangkan dan mengundang tawa ceria seisi ruangan.

 

Penyerahan cinderamata kepada pihak sekolah yang diwakili oleh Nurika Larassaty, selaku Ketua Pelaksana acara

Penyerahan cinderamata kepada pihak sekolah yang diwakili oleh Nurika Larassaty, selaku Ketua Pelaksana acara.

Permainan lipat pesawat ini sebenarnya mengandung makna didalamnya. Setiap siswa diharapkan mempunyai cita-cita dan impian untuk diwujudkan. Lalu untuk mencapai tempat yang ingin dikunjungi, siswa dituntut untuk mempunyai bekal ilmu yang cukup dan terpacu untuk belajar lebih bersungguh-sungguh. Lain lagi dengan alasan siapakah orang yang dapat mewujudkan hal tersebut. Jawaban yang paling tepat adalah “diri sendiri”, karena bagaimana pun kita tidak boleh berpangku tangan dan bergantung pada orang lain, meski begitu kita harus tetap berdoa pada Tuhan karena Dia-lah yang menetapkan takdir. Untuk pelemparan origami berbentuk pesawat juga mengandung maksud, yaitu untuk meraih semua itu, harus ada dorongan, kekuatan, dan konsentrasi agar pesawat bisa terbang lurus dan jauh.

Untuk Dies Natalis tahun mendatang, segenap fungsionaris LPM KOMPEN berharap menyuguhkan yang lebih unik dan bermanfaat bagi masyarakat. Sekaligus persiapan yang lebih matang tentunya. Semoga dengan bertambahnya umur, bertambah pula naluri kritisnya. Salam hangat dan Kritis Dinamis! (rtn, zky)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s