Mewakili Indonesia, Mahasiswa Polinema Berangkat ke Singapura


Image

Ke-20 peserta pertukaran pelajar sedang berpose bersama Direktur Poltekom, dosen pembina, Pudir I, Sekretaris Kantor urusan Internasional, Kajur TI, dan KPS Teknik Informatika. (foto: Galeri Kompen)

Rabu, 12 Maret 2014 pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Pusat Politeknik Negeri Malang, Drs. Ludfi Djajanto, MBA selaku Pembantu Direktur Bidang Akademik mewakili Direktur yang berhalangan hadir, memberi sambutan untuk persiapan keberangkatan 20 mahasiswa terpilih untuk belajar ke Singapura. “Selamat belajar dan jaga kesehatan disana karena cuacanya sudah berbeda dengan Indonesia. Kalau ada apa-apa hubungi saya dan kirim foto kalian ke email saya ya?” ungkap Pak Ludfi diikuti tawa peserta dan semua pihak yang hadir.

Ya, inilah pertukaran pelajar antara mahasiswa Polinema dan Singapura. Berawal dari terpilihnya 24 mahasiswa program studi Manajemen Informatika dan Teknik Informatika untuk mengikuti berbagai seleksi, hingga menjadi 18 mahasiswa Polinema dan dua mahasiswa Politeknik Negeri Kota Malang.

Adanya pertukaran pelajar ini merupakan amanat dalam menjalankan misi keempat yang berbunyi “Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi yang berkualitas, inovatif, dan berdaya saing global sesuai kebutuhan industri, lembaga pemerintah, dan masyarakat.” Sementara itu, bagi Politeknik Negeri Malang kegiatan ini merupakan media untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Adanya kesempatan yang ditawarkan oleh Republic Polytechnic, Singapura, bagaikan mendapat durian runtuh bagi Polinema.

Image

Pudir I sedang memberikan pengarahan saat Technical Meeting sebelum memberangkatkan ke-20 mahasiswa ke Singapura.

Kegiatan pertukaran pelajar dengan mahasiswa Singapura disambut baik oleh mahasiswa Polinema sendiri. “Senang sekali, ini pertama kalinya saya ke luar negeri. Menjaga kesehatan dan pembekalan selama tiga minggu sebelum keberangkatan ini menjadi persiapan kami,” ujar Putri, salah satu mahasiswi program studi Manajemen Informatika Polinema yang beruntung itu. Setelah melewati serangkaian seleksi, yaitu uji proyek dan kemampuan Bahasa Inggris, ke-20 mahasiswa ini melaksanakan pembelajaran di ruang baca gedung AH Polinema selama tiga minggu. Salah satunya belajar komputer Raspberry pi, sebuah mini kit yang bisa dijadikan komputer mini. “Awalnya diminta membuat pengaplikasian Raspberry pi. Ya saya cari yang aneh biar kelihatan kreatif, yang judulnya ‘Rancang Bangun Pakan Ikan Via Twitter’. Eh malah dibilang khayal sama dosen. Tapi ya lolos aja ternyata. Alhamdulillah,” cerita Raditya Hendrawan, mahasiswa Teknik Informatika yang juga berkesempatan menuju negara yang dikenal sebagai negeri seribu satu larangan. “Kami juga sudah menyiapkan pertunjukan budaya yaitu menyanyikan lagu khas Indonesia yaitu dangdut dan berpakaian busana khas dari berbagai suku di Indonesia”, ujar Heksa, mahasiswi yang juga ikut ke negeri yang berlambang seekor singa putih itu.

Selama empat pekan di Singapura, semua peserta ditemani oleh dua Dosen Pembina yaitu Yan Watequlis Syaifudin, ST selaku Kepala Program Studi Manajemen Informatika dan Imam Fahrur Rozi, ST selaku dosen informatika. “Jangan panik ataupun bingung saat tiba disana. Ikut Pak Yan saja, beliau yang bertanggungjawab saat kalian disana. Jangan lupa foto-foto ya. Tapi yang penting adalah laporannya, karena itu terhitung sebagai PKL (Praktik Kerja Lapangan) bagi kalian,” jelas Ir. Deddy Kusbianto Purwoko Aji, MMKom selaku Kepala Program Studi Teknik Informatika.

Selamat dan sukses untuk ke-20 mahasiswa yang berkesempatan belajar di Singapura. Semoga pertukaran pelajar ini rutin diselenggarakan tiap tahunnya agar mampu memberikan kesempatan bagi mahasiswa Polinema yang lain untuk berprestasi. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan akan mempererat tali kerjasama yang baik antar kedua negara. (irf,zky,ers)

Advertisements

One response to “Mewakili Indonesia, Mahasiswa Polinema Berangkat ke Singapura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s