UKM Bhakti Karya Mahasiswa Polinema Berbakti


1

Para Anggota UKM BKM sedang mengecat bangku TK Dharma Wanita yang sedang direnovasi. (foto: arsip UKM BKM)

Program Bhakti Mahasiswa (PBM) merupakan sebuah agenda kerja dari Unit Kegiatan Mahasiswa Bhakti Karya Mahasiswa (UKM BKM) Polinema yang dilaksanakan setiap tahun periode, PBM adalah kegiatan sosial yang bertujuan utama untuk membantu masyarakat yang kurang mampu serta membuat fungsionaris UKM BKM lebih dapat membaur dengan masyarakat. Untuk tahun 2013, PBM dilaksanakan di Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Acara ini dimulai tanggal 7 Desember 2013 hingga 30 Desember 2013. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh UKM BKM Polinema dalam melaksanakan acara ini diantaranya merenovasi bangunan Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Desa Jombok, khitan masal, dan penyuluhan kesehatan serta bakti sosial untuk warga desa yang kurang mampu. Untuk renovasi gedung yang dilakukan berupa pembenahan atap yang sudah tidak layak, pengecatan ulang, dan sebagainya. Alasan mengapa TK Dharma Wanita Desa Jombok yang dipilih UKM BKM untuk direnovasi adalah karena keadaan sarana gedung belajar yang dirasa memprihatinkan dan tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Dalam merenovasi bangunan, UKM BKM mendapat bantuan dari donatur dan sponsor sehingga acara ini dapat terlaksana dengan sukses. “Kami sangat senang karena bangunan sudah tidak sama lagi, dulu banyak yang rusak, tapi sekarang sudah bagus, saya mewakili yang lain mengucapkan terima kasih banyak atas diselenggarakannya acara ini,” ujar Ibu Yanti, kepala sekolah TK Dharma Wanita Desa Jombok melalui sambutannya dalam upacara penutupan Program Bhakti Mahasiswa 2013.

2

Peserta khitan sedang meringis melihat ‘anu’nya dikhitan. (foto: arsip UKM BKM)

Untuk kegiatan khitan masal, peserta yang mengikuti acara berjumlah lima anak. Peserta yang mengikuti kegiatan khitan berasal dari keluarga yang sudah disurvei terlebih dahulu oleh UKM BKM untuk menghindari salah sasaran. Tak hanya itu, penyuluhan kesehatan tentang pentingnya cuci tangan dan menjaga kesehatan gigi pun dilakukan agar anak-anak Desa Jombok tahu akan manfaatnya.

3

Pemberian bantuan kepada salah satu warga Desa Jombok, Ngantang. (foto: arsip UKM BKM)

Selain merenovasi bangunan dan mengadakan khitan masal, UKM BKM juga menyelengarakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako gratis untuk warga Desa Jombok yang membutuhkan. Tak kurang dari seratus kepala keluarga mendapat bantuan yang berupa paket bahan masak sehari-hari ini. “Saya sangat senang atas diadakannya acara ini karena bisa memotivasi warga untuk melakukan hal baik kepada sesama,” ungkap Djoko Walujo, kepala Desa Jombok. Beliau juga berkata bahwa dengan keterbatasanpun kita bisa melakukan hal baik untuk orang lain. Beliau berharap warga dapat menjaga apa yang telah diberikan oleh UKM BKM dan berpesan agar mahasiswa, mahasiswa Polinema khususnya, dapat menerapkan ilmu yang didapat selama belajar di bangku kuliah dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan tema “Bersama Melangkah dengan Kepedulian Besar melalui Program Bhakti Karya Mahasiswa 2013”, UKM BKM berharap agar ke depan acara ini dapat terlaksana dengan sukses dan lebih bisa membantu masyarakat. (ylv/bud)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s