Bakti HMM melalui ‘Mechanical Days’


Image

Motor modifikasi kontestan yang siap dipamerkan.

              Setelah GALAKSI vol. 6, Politeknik Negeri Malang kembali mengadakan event menarik bertajuk “Mechanical Days”, acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Polinema untuk memperingati hari jadi HMM yang ke-31.  Selain itu HMM sebagai salah satu himpunan mahasiswa jurusan di Politeknik Negeri Malang juga ingin mengabdikan diri kepada masyarakat umum, mengembangkan inovasi dan kreatifitas di jurusan Teknik Mesin.

                Acara yang mengusung tema “Meningkatkan Potensi Guna Mengembangkan Solidaritas” ini terdiri dari serangkaian agenda, antara lain Seminar Nasional, Modification Motor Contest, dan service motor gratis. Seminar Nasional diselenggarakan pada tanggal 2 November 2013 yang terbuka  untuk umum. Sedangkan Modification Motor Contest (MMC) diadakan pada tanggal 10 November 2013 di gedung Aula Pertamina. Untuk servis gratis dilaksanakan pada hari yang sama di belakang gedung Call Center Polinema yang juga dibuka untuk umum.

                MMC juga mengadakan lomba Band & Dance Competition dan lomba modifikasi motor.  Band & Dance Competition diadakan guna memeriahkan kontes modifikasi motor yang ada di Gedung Aula Pertamina Politeknik Negeri Malang.  Sementara itu, untuk modifikasi motor terdapat beberapa kelas yang dapat dipilih oleh para kontestan, antara lain: kelas pemula,  bebek sport matic custom, matic street racing, bebek sport street racing, jap^s style/retro custom, dan perang ceper. Untuk Band & Dance Competition pesertanya hanya SMA/SMK se-Malang Raya, sementara modifikasi motor diikuti oleh para kontestan se-Jawa-Bali.

Image

‘Xcream’ ikut meramaikan acara Dance & Band Competition

                Menurut keterangan Adam Fadililah, salah satu kontestan lomba, acara ini cukup menarik karena dapat menambah teman dan berbagi pengalaman antar modifikator. “Untuk apa punya sepeda motor bagus tetapi tidak dilombakan?”, kritis mahasiswa dari UMM Fakultas Hukum itu. Tidak hanya kontestan modifikasi motor, Band & Dance Competition juga berperan penting dalam terselenggaranya acara ini. Group dance ‘Xcream’ misalnya, menurut Fabio salah satu personil Xcream memaparkan bahwa acara ini memiliki manfaat untuk menambah pengalaman. “Tempatnya bagus, tetapi kurang luas.  Promosinya juga kurang tersebar luas”, kata siswi SMKN 5 Malang tersebut.

                Untuk lomba perang ceper, terdapat kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh para peserta lomba. Gunawan selaku ketua pelaksana menjelaskan, “kriterianya bergantung pada tingginya mesin pada permukaan tanah. Pada saat dikendarai joki diusahakan tidak sampai terjatuh”. Jika joki sampai terjatuh saat mengendarai motornya, maka akan mengurangi nilai. Sebelumnya para joki diperbolehkan untuk mencoba lintasannya agar mendapat hasil maksimal dalam lomba tersebut.

                Selain rangkaian acara yag diadakan di Aula Pertamina, tepat di belakang Gedung Call Center Polinema diadakan service motor gratis. Kegiatan ini sengaja dibuka untuk umum agar lebih memperkenalkan Politeknik Negeri Malang ke masyarakat luas. Khususnya anggota HMM yang terjun langsung menjadi mekanik dari acara ini. Penjelasan dari Ario, service motor gratis diadakan dua sekali. Servis gratis ini meliputi tune-up yakni membersihkan karbulator dan filter, mengatur RPM, mengganti rantai, dan memperbaiki sistem kelistrikan. Dan jika diperlukan penggantian spare part, panitia akan meminta kompensasi untuk pembelian spare part yang dibutuhkan. “Kepuasan pelangan adalah yang utama, itu prinsip kami”,  kata Ario selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini.

                Tujuan dari “Mechanical Days” adalah mengabdikan diri kepada masyarakat.  Masyarakat merasakan sisi baik dari terselenggaranya kegiatan ini.  Pak  Suto, selaku peserta service motor gratis memberikan saran agar disediakannya spare part yang dibutuhkan pelanggan agar lebih menghemat waktu selain itu beliau juga mempercayai kinerja para mekanik yang berasal dari anggota HMM, mereka cepat tanggap ketika ada pelanggan yang datang.  (irf,pan,eka,lid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s