Seminar Nasional Teknologi 2013


Sabtu, 5 Oktober 2013, Aula Pertamina Polikteknik Negeri Malang ramai dipenuhi oleh peserta seminar nasional yang diselenggarakan oleh UKM Pendidikan dan Penalaran (PP).

Acara seminar yang mengangkat tema “Pengenalan Cloud Computing sebagai Inovasi Peningkatan Wawasan Teknologi Informasi Terkini” bisa dibilang sukses karena dihadiri 247 peserta dari 250 pendaftar dan berjalan lancar tanpa halangan yang berarti.
Menurut ketua pelaksana semnas, Widia Intan Milasari,”Tujuan diselenggarakannya seminar ini adalah memfasilitasi para peserta untuk tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi terkini.”
Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dihadiri oleh banyak mahasiswa Polinema dan beberapa mahasiswa penjuru nusantara, diantaranya dari Jakarta, Jombang, bahkan Kediri. Di awal, Gita Suryo Wijaya, praktisi IT nasional, membuka acara dengan memperkenalkan apa itu cloud computing dan bagaimana aplikasi teknologi itu di kehidupan sehari-hari. menurutnya, dengan cloud computing kita bisa menggunakan banyak layanan hanya dengan menggunakan 1 gadget saja.
Kemudian acara dilanjutkan oleh pemateri utama, yakni Bapak Onno W. Purbo atau lebih akrab dengan panggilan Pak Onno. Beliau adalah pakar IT terkenal yang sudah tidak asing lagi di kalangan pemerhati teknologi informasi. Peraih gelar Ph.D di Waterloo University, Kanada ini mencoba memperkenalkan cloud computing dengan cara yang berbeda dan kocak. Selama seminar, banyak istilah dan kalimat konyol terlontar dari mulut super beliau. Dengan gamblang dan sederhana beliau mengajarkan cara membuat “sistem awan” yang ternyata tidak sesulit yang diceritakan orang pada umumnya, beliau juga mengajarkan bagaimana cara meretas keamanan suatu laman web. Bahkan pria kelahiran Bandung ini sempat mendemonstrasikan proses meretas laman web milik orang nomor satu di Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut beliau,”Sebenarnya, menguasai IT itu mudah sekali, siapa pun bisa melakukannya. Sayangnya, hanya sedikit yang mau mencoba.” Pria berputra lima dan gemar bersepeda ini juga berpesan,”Semoga apa yang saya sampaikan tidak hanya menjadi angin lalu. Saya berharap dengan ilmu yang saya bagikan, peserta seminar bisa mengaplikasikannya di kehidupan nyata.” (bud)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s