DI Balik Layar Pra Studi Jurusan Teknik Elektro (hari ke-2)


Image

800 lebih maba Jurusan Teknik Elektro memenuhi lapangan voli Polinema pada hari kedua pelaksanaan kegiatan pra studi.

Sabtu, 31 Agustus 2013, merupakan hari terakhir kegiatan pra study Jurusan Elektro. Hal ini juga berlaku  untuk semua jurusan yang ada di Politeknik Negeri Malang yang mengikuti pra study. Pada hari ini tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya, seperti barang-barang yang dibawa untuk keperluan pra study. Namun masih saja ada mahasiswa baru yang terlambat datang untuk mengikuti kegiatan pra study di lapangan.

“Harusnya mereka datang jam enam, tadi ada sekitar lima anak yang datang jam setengah delapan,” tutur Elisa Resi selaku panitia pra study jurusan Elektro. Dijelaskan olehnya, tahun ini panitia tidak diperbolehkan untuk menginap di kampus khususnya untuk panita perempuan, dikarenakan Pudir 2 dan Pudir 3 tidak mengizinkan hal tersebut.

Suka duka dalam Pra study itu pasti ada. Baik itu dari pihak panitia maupun dari mahasiswa baru yang menjalannya. Masalah-masalah yang sengaja dibuat untuk peserta pra study sendiri dutujukan agar mahasiswa baru yang sedang mengalami transisi dari bangku sekolah menengah atas (SMA/SMK) ke perguruan tinggi ini bisa menyesuaikan diri dengan baik di dunia perkuliahan. Hal ini disadari pula oleh Reyno, mahasiswa baru dari jurusan Elektro ini mengatakan,“Pra study di Politeknik ini sangat berkesan. Keren banget, seru. Barang yang ditugaskan gampang, gak neko-neko, gampang dicari. Buat cuci otak dari masa SMA ke perguruan tinggi.” Dia juga tidak lupa memberi tips bagi calon-calon mahasiswa untuk pra study yang akan datang,“Pra study dinikmati saja, gak usah dibuat susah. Dimarahi itu biasa buat cuci otak. Yang penting enjoy,” tutur Reyno.

“Hukuman yang diberikan itu perlu. Karena segala sesuatu yang kita lakukan pasti ada timbal baliknya,” tambah Reyno menanggapi hukuman yang diberikan oleh Panitia saat barang yang dibawa tidak sesuai dengan ketentuan. Sebelum menjalani pra study, Reyno memang merasa takut, namun setelah dijalani rasanya senang dan enjoy saja.

Image

Salah satu maba yang jatuh pingsan ketika kegiatan pra studi berlangsung.

“Melakukan sesuatu tanpa imbalan adalah suatu hal yang berat namun menjadi seni sebuah organisasi menjalankan sesuatu,” seperti yang dikatakan Aisom Amanullah selaku ketua Himpunan Mahasiswa Elektro. Hal yang mengesankan menurut Aisom adalah saat semua panitia bersama. Sementara hal yang sulit banyak dialami oleh panitia adalah dari segi pembagian waktu untuk urusan pendidikannya dan urusan organisasi, juga tuntutan  untuk selalu loyal dan tekun melakukan sesuatu tanpa ada suatu imbalan apapun.

Menurut penuturan Aisom, peserta pra study tahun 2013 sangat kompak dan membuat panitia bangga dengan kekompakan peserta. Dengan waktu yang singkat bisa menunjukkan kepedulian mereka terhadap peserta lainnya. Antusias mahasiswa baru 2013 juga sangat tinggi dalam menjalani pra study walaupun emosi dari peserta sendiri belum terkontrol dengan baik.

Pra study jurusan Elektro dengan peserta lebih dari 800 mahasiswa dari 8 Prodi sudah berjalan selama dua hari, meskipun banyak suka dan duka di dalamnya. Semoga pra study ini dapat diambil sisi Positifnya sebagai awal memulai kehidupan baru di derajat pendidikan yang lebih tinggi, sebagai mahasiswa. (sin,ayr)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s