Kedisiplinan Menjadi Acuan Dasar pada Pra Study di AN Polinema


Image

Panitia ospek jurusan Administrasi Niaga sedang mem-pressing maba yang membuat kesalahan.

AN, BANZAI! AN, BANZAI! Begitulah pekik mahasiswa baru Administrasi Niaga yang terdengar dari Graha Theater pagi ini. Jum’at, 30 Agustus 2013 merupakan hari kedua pra study mahasiswa angkatan 2013 di Politeknik Negeri Malang. Pada kegiatan pra study yang dimulai pada pukul 05.30 WIB ini ternyata masih ditemui mahasiswa yang kurang disiplin, hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa baru yang terlambat. Para panitia jurusan pun tak sungkan untuk menghukum mahasiswa baru yang tidak disiplin tersebut. Bentuk hukuman mulai dari push-up, berdiri di depan, dan sebagainya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian pressing yang bersifat mendidik kedisiplinan. Sebelumnya, para maba diberi beberapa tugas untuk dikumpulkan pada hari ini. Hukuman pun juga disertakan untuk para maba yang tidak lengkap mengumpulkan tugas tersebut.

“Mahasiswa baru AN angkatan 2013 jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu, yakni 348 mahasiswa,” jelas Andika selaku ketua pelaksana pra study jurusan Administrasi Niaga. Syukur saja kalau ternyata maba sebanyak itu masih muat di ruang auditorium di gedung AH untuk menerima materi dan perkenalan dari para pimpinan jurusan. Bapak Heru Utomo, SE., MELECOM selaku kajur AN, Bapak Drs. Pudji Herijanto, MAB selaku sekjur AN, serta Bapak Bambang Suryanto, M.Pd selaku DPK Himania, hadir dalam acara tersebut untuk memberikan materi dan perkenalan kepada para maba. Para mahasiswa baru juga terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan pra study. Hal tersebut terlihat dari semangat para maba ketika meneriakkan “Banzai!” saat para pembinanya menyebutkan kata “AN!”. Namun beberapa mahasiswa yang tidak ingin disebutkan namanya ketika kami wawancarai menyatakan bahwa tugas yang diberikan kepada para maba tersebut berkesan terlalu memberatkan mereka. Namun setelah mereka pikir-pikir, itu semua juga demi kebaikan mereka di masa mendatang, apalagi mereka juga sadar bahwa bangku perkuliahan tidak boleh dianggap main-main. Hal itulah yang mereka pahami dalam penjelasan ketua jurusan selama pemberian materi tersebut.

Adinia Lusinta Maharani selaku Disma Eksekutor menjelaskan,“Maba-nya banyak yang gak nurut, masih banyak yang telat. Terus kalo dimarahin masih banyak yang melihat muka seniornya.” Adanya hukuman bagi maba yang tidak disiplin adalah demi mendidik kedisiplinan para maba, sesuai dengan motto pra study, yaitu Jujur, Optimis, Semangat, dan Sukses yang disingkat menjadi JOSS.”Semoga mahasiswa baru tahun ini lebih bisa mengenal dan memahami tentang jurusannya dan lebih serius dalam menjalani masa pendidikan di Polinema ini. Karena berdasarkan pengalaman tahun lalu, banyak mahasiswa yang di-DO sia-sia karena kurangnya keseriusan dalam menjalani studinya,” terang Andika. (ris,don,sly)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s