Gema “Solid!” di Pra Studi Teknik Mesin Polinema 2013


Image

Mahasiswa baru Teknik Mesin ketika menerima materi dari dosen pembina di bengkel mesin, Kampus satu Polinema.

Mesin, Solid! Mesin, Solid! Mesin, Solid!

Jumat (30/8) bertempat di kampus satu Politeknik Negeri Malang, pra study Teknik Mesin kembali dilaksanakan. Kurang lebih 290 mahasiswa baru berkumpul dengan mengenakan atribut ospek dan masing-masing maba membawa barang yang telah ditentukan sebelumnya. Mereka dibagi  menjadi 11 kelompok dan setiap kelompoknya terdiri dari 25-27 mahasiswa.

Kegiatan pra study jurusan Teknik Mesin dimulai pukul 06.00 WIB. Di awal kegiatan, mahasiswa diajak untuk senam dan lari pagi, lalu disusul dengan kegiatan pengenalan bengkel Teknik Mesin di gedung N. Kemudian dilanjutkan sarapan pagi dan selanjutnya mahasiswa baru digiring untuk mengelilingi kampus satu sembari menggemakan jargon mereka, yaitu “Mesin! Solid!.”

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan materi oleh ketua jurusan, sekretaris jurusan, dosen pembina kemahasiswaan , dan ketua program studi di gedung F yaitu bengkel otomotif dan perawatan. Pada paparan materi yang disampaikan, selain dijelaskan tentang jurusan juga diterangkan aturan-aturan yang berlaku. Mahasiswa angkatan 2013 ini diberi semangat dan motivasi untuk menghadapi tantangan ke depannya.

Memasuki materi kedua, pihak perpustakaan menjelaskan tentang tentang seluk beluk perpustakaan. Saat ini perpustakaan untuk Teknik Mesin mendapatkan kucuran dana tertinggi di Politeknik Negeri Malang sehingga perpustakaan yang akan dibangun di kampus dua mempunyai fasilitas yang lebih lengkap dan nyaman sehingga diharapkan dapat menambah minat baca mahasiswa.

Kegiatan pra study kembali dilanjutkan setelah istirahat dan sholat Jum’at. Kali ini mahasiwa baru di-pressing dan diberi bimbingan mental. Feri Arianto, selaku ketua pelaksana pra study mengemukakan bahwa hal ini bertujuan untuk menumbuhkan loyalitas dan kebersamaan antar mahasiswa baru.“Sama rasa, sama rata. Datang bersama, keluar juga harus bersama.”

Pra study tahun ini mengangkat tema “Pra study sebagai langkah awal untuk menimbulkan pola pikir mahasiswa jurusan teknik Mesin yang solid dan loyal”. Hal ini sejalan dengan harapan ketua jurusan Teknik Mesin, Imam Mashudi B.Eng(Hons), MT.,“Mahasiswa baru 2013 harus menjadi lebih baik dari angkatan sebelumnya. Apalagi Politeknik Negeri Malang akan masuk ke ASEAN Community, sehingga kemampuan mahasiswa harus lebih ditingkatkan lagi jangan sampai kalah dengan negara lain.” Selain itu beliau juga berpesan agar pra study kali ini tidak banyak yang cidera, juga antara mahasiswa baru dan kakak angkatan tetap dalam persatuan, tidak ada permusuhan. (rtn,tyo,frd)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s