EXPO, Ajang Unjuk Gigi Para Aktivis Kampus Biru


Image

Suasana kondusif Maba ketika akan mengikuti presentasi dari OKI di Graha Theater, Polinema.

(28/08) Expo kelembagaan kembali dilaksanakan di tahun ajaran 2013/2014. Tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, Expo dilaksanakan di lapangan voli kampus 2 Politeknik Negeri Malang. Sebelumnya, dilaksanakan upacara penerimaan mahasiswa baru angkatan 2013. Upacara dimulai pukul 07:05 WIB, dibuka dengan dua buah lagu yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara dan dipandu oleh tim paduan suara, yaitu “Indonesia raya” dan “Totalitas perjuangan”.

Upacara penerimaan Maba diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana Expo Kelembagaan 2013, Ahmad Fahmi dan dilanjutkan Guntur Yanuar selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Malang. Guntur menerangkan,“Kegiatan ini bukan perpeloncoan, tetapi merupakan kegiatan positif yang mampu memotivasi mahasiswa untuk memaksimalkan potensinya, agar lebih menyadari predikat dan apa peran mahasiswa di masyarakat. Bahkan, tahun ini salah satu mahasiswa Polinema ada yang terpilih menjadi mahasiswa berprestasi di tingkat nasional.”

Kemudian Ir.Tundung Subali Patma, MT. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru di Politeknik Negeri Malang. Beliau juga menambahkan,”Tahun ini penerimaan mahasiswa baru di Polinema adalah yang terbanyak se-Indonesia, yaitu sebesar 2184 mahasiswa. Maba boleh bangga diterima di Polinema, karena kabar terhangatnya adalah bahwa salah satu dari mahasiswa Polinema baru saja menyabet gelar nasional dengan mobil listrik ciptaan sendiri. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada BNN yang menganugerahi Polinema sebagai kampus bebas narkoba.”Upacara penerimaan diakhiri dengan pelepasan balon-balon berwarna biru, warna khas Polinema, sebagai tanda bahwa mahasiswa baru telah secara resmi diterima sebagai bagian dari keluarga besar Politeknik Negeri Malang.

Expo yang diadakan di tiga tempat berbeda, yaitu Graha Theater, lapangan futsal, dan Aula Pertamina ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan Organisasi Intra Kampus (OKI) sehingga nantinya mereka akan bergabung dan mengasah softskill mereka di organisasi. Kurang lebih 30-50 personel panitia dikerahkan demi kelancaran acara yang berlangsung sehari sebelum Pilgub periode 2013-2018 ini.

M. Prakoso selaku koordinator lapangan menyebutkan,“Masih ada beberapa masalah yang muncul saat hari-H. Kendala yang paling mencolok adalah dari kelistrikan, yakni penyaluran listrik melalui kabel roll yang sempat terhambat. Hal yang di luar dugaan ini sempat membuat beberapa stan kelabakan karena tidak teraliri listrik. Untungnya, panitia segera menemukan solusi dengan mencari sumber listrik alternatif sehingga kebutuhan listrik pun akhirnya terpenuhi dan stabil.” Selain itu, panitia juga mengeluh kesulitan dalam mengatur dan mengendalikan Maba yang tingkat kedisiplinannya masih begitu kurang. M. Prakoso berharap expo tahun depan jumlah personel panitia ditambah lagi agar panitia bisa sebanding dengan jumlah peserta expo yang mencapai ribuan ini.

Sementara itu, Maba polinema yaitu Zulkifli, Bagas, dan Catur dari Jurusan Teknik Listrik sepakat,“Acara expo ini menarik karena menawarkan kreativitas dari masing-masing organisasi. Akan tetapi, sebetulnya tidak perlu diberi embel-embel umpan semacam air minum, permen atau yang lain. Langsung  saja menjelaskan tentang organisasi mereka, kita mengerti dan akan bergabung jika merasa cocok.”(azh/frd/sly)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s